Pengertian Gambar Vektor dan Perbedaannya Dengan Gambar Bitmap

Pengertian Gambar Vektor dan Perbedaannya Dengan Gambar Bitmap ~ Perkembangan pengolahan gambar menggunakan komputer berkembang semakin pesat. Hal ini didukung dengan bermunculannya perangkat lunak dari vendor-vendor ternama yang mendukung pengelohan gambar secara kompleks dan lengkap. Tetapi perlu kita ketahui juga bahwa semua perangkat lunak pengolahan gambar memiliki dua basis objek yang berbeda. Dalam pengolahan gambar, terdapat dua model gambar yang menjadi acuhan suatu aplikasi dalam mengolah gambar. Model gambar yang selama ini digunakan dalam dunia komputer adalah model gambar vektor dan model gambar bitmap. Tentu saja model dari kedua jenis gambar ini berbeda dalam hal proyeksi objek gambarnya. Dan pada kesempatan kali ini saya akan mengulas pengertian gambar vektor dan perbedaannya dengan gambar bitmap yang biasanya menjadi materi pembelajaran sekolah di tingkat SMA atau SMK.

Pengertian Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

Hal pertama yang perlu kita ketahui mengenai dua jenis model gambar dalam dunia komputer ini adalah mengenai pengertiannya. Karena dari pengertian ini kita dapat melihat perbedaan teknik pengolahan gambar yang dilakukan. Gambar vektor merupakan sebuah gambar yang dibentuk dari garis-garis yang terstruktur secara matematis. Seperti halnya pengertian vektor dalam dunia matematika yang berbasis garis, vektor komputer juga menggunakan garis matematis sebagai penyusun utama sebuah gambar. Secara rinci gambar vektor dapat diartikan sebagai garis matematis yang saling terhubung sehingga membentuk sebuah objek gambar. Dengan kata lain, gambar vektor berbasiskan pada garis matematis. Sedangkan untuk gambar bitmap merupakan sebuah model pengolahan gambar yang menggunakan basis skala pixel (titik) dalam ukuran tertentu. Banyak sedikitnya pixel dalam ukuran tertentu akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Semakin banyak jumlah pixel dalam ukuran tertentu akan menghasilkan gambar yang semakin baik pula.
Pengertian Gambar Vektor dan Perbedaannya Dengan Gambar Bitmap

Perbedaan Gambar Vektor dan Gambar Bitmap

  • Dari pengertian yang telah dijabarkan tersebut, maka dapat dilihat pula perbedaan yang begitu jelas. Perbedaan tersebut dapat diperjelas sebagai berikut:
  • Gambar vektor menggunakan sentral garis matematis dalam pembentukan gambar, sedangkan gambar bitmap menggunakan sentral pixel dalam skala tertentu untuk pembentukan gambar.
  • Gambar vektor lebih stabil kualitasnya ketika ukuran diubah (diperbesar/diperkecil), sedangkan gambar bitmap kualitasnya akan menurun ketika gambar diperbesar.
  • Gambar bitmap memiliki fitur resolusi dan intensitas pada sebuah gambar. Resolusi adalah banyaknya pixel (titik) dalam ukuran tertentu yang akan memberikan efek kualitas ketajaman gambar. Intensitas adalah fitur yang erat pada pengaturan warna. Intensitas yang baik akan mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan. Sedangkan di gambar vektor tidak memiliki fitur tersebut.
  • Gambar vektor banyak dimanfaatkan untuk pembuatan logo, animasi, ilustrasi, karakter kartun, dll. Sedangkan gambar bitmap memiliki peran penting dalam pengolahan kualitas foto studio, dan lain-lain.
Aplikasi pengolahan gambar vektor contohnya adalah CorelDraw, Adobe Illustrator, dll. Sedangkan aplikasi pengolahan gambar bitmap contohnya adalah Photoshop dan lain-lain. Sedangkan ekstensi yang akrab dengan gambar vektor seperti .cdr .ai .swf dan lain-lain. Untuk ekstensi yang mengikuti gambar bitmap seperti .jpg .bmp dan lain-lain.

Terlepas dari pengertian dan perbedaan yang dimiliki kedua model pengolahan gambar tersebut, keduanya berperan aktif dalam membantu pengguna dalam pengolah gambar menggunakan komputer. Dan demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian gambar vektor dan perbedaannya dengan gambar bitmap. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon