Menghitung Nilai Konversi Satuan Panjang Dengan Mudah

Menghitung Nilai Konversi Satuan Panjang Dengan Mudah ~ Satuan panjang adalah satuan baku yang digunakan untuk memberikan keterangan dari nilai sebuah pengukuran panjang objek. Satuan panjang yang terkenal ada 7 (tujuh) macam. Kesemuanya memiliki besar yang berbeda-beda tetapi berkesinambungan yang kita kenal dengan nama konversi satuan. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas cara menghitung nilai konversi satuan panjang dari satu bentuk ke bentuk lainnya (dari ke-7 macam). Pembahasan ini saya batasi pada bagian 7 macam satuan panjang saja, mengingat masih ada beberapa satuan panjang lainnya yang biasa digunakan oleh orang.

Satuan panjang yang sering dipakai dan umum dipelajari oleh orang meliputi : Kilometer (Km), Hektometer (Hm), Dekameter (Dam), Meter (M), Desimeter (Dm), Sentimeter (Cm), dan Milimeter (Mm). Dari urutan satuan tersebut, satuan terbesar dari ke-7 macam satuan panjang tersebut adalah Kilometer (Km) dan satuan terkecilnya adalah Milimeter (Mm). Besarnya nilai Km ke Mm berbeda dengan besarnya nilai Hm ke Mm. Hal ini kita kenal dengan nama konversi satuan panjang. Berikut ini tata aturan konversi satuan panjang yang ada di dunia matematika dan fisika.

1 Km = 10 Hm
1 Hm = 10 Dam
1 Dam = 10 M
1 M = 10 Dm
1 Dm = 10 Cm
1 Cm = 10 Mm
Menghitung Nilai Konversi Satuan Panjang Dengan Mudah

Dari aturan tersebut dapat juga dituliskan secara beruntun seperti berikut ini:

1 Km = 10 Hm = 100 Dam = 1000 M = 10000 Dm = 100000 Cm = 1000000 Mm

Jika dibalik kondisinya akan seperti ini:

1 Mm = 0,1 Cm = 0,01 Dm = 0,001 M = 0,0001 Dam = 0,00001 Hm = 0,000001 Km

Jadi nilai 1 Km sama dengan nilai 1.000.000 Mm. Dengan berpatokan pada kondisi itu, dapat pula dicari nilai konversi yang lainnya. Misalkan konversi dari Hektometer (Hm) ke Desimeter (Dm). Untuk mempermudah konversi tersebut, dapat dilakukan dengan cara membuat rentetan konversi seperti di atas.

1 Hm = 10 Dam = 100 M = 1000 Dm

Jadi nilai konversi satuan panjang dari Hektometer (Hm) ke Desimeter (Dm) adalah 1000. Cara tersebut dapat diterapkan dari semua jenis konversi satuan panjang yang disebutkan di atas. Sangat mudah untuk dipahami ketika belajar tentang konversi satuan panjang dasar.

Demikianlah pembahasan materi konversi satuan panjang dengan mudah kali ini. Semoga dapat memberikan pemahaman dan memudahkan Anda belajar konversi satuan panjang dasar.

2 comments

Ijin bookmark gan, materi ini bermanfaat buat penguatan dasar pengukuran...
Ijin share yah.

Iya gan, terimakasih ya dan semoga bermanfaat... :)

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon