Belajar Mudah Bahasa Inggris : Simple Present Tense

Belajar Simple Present Tense : Sebagai bahan belajar yang dasar dalam materi bahasa inggris, simple present tense memiliki peranan yang kuat dalam pemahaman awal pembentukan kalimat dalam bahasa inggris. Simple present mengatur porsi kalimat baku untuk menyatakan sesuatu dalam sebuah kalimat berbahasa Inggris. Oleh karena itu, mempelajari materi simple present tense sangatlah penting sebagai langkah awal belajar bahasa Inggris. Pada ulasa kali ini, saya akan mengulas materi tentang simple present tense yang meliputi beberapa pokok bahasan penting, seperti : pengertian simple present tense, rumus atau bentuk simple present tense, dan contoh kalimat simple present tense.

Pengertian Simple Presen Tense

Sebelum mempelajari sesuatu, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa yang akan kita pelajari. Pengertian simple present tense ini akan membantu Anda memahami waktu penggunaan simple present yang tepat, karena untuk tenses sendiri itu ada banyak sekali. Pengertian simple present tense adalah suatu tenses yang memiliki bentuk pola pengatur porsi kalimat di waktu sekarang dimana kejadian tersebut tidak berkelanjutan (berulang). Jadi simple present tense hanya akan digunakan untuk menjelaskan sebuah kejadian atau pernyataan yang sekali pakai tanpa ada kelanjutannya. Pernyataan ini yang akan membuat simple present lebih mudah penggunaannya karena tidak memerlukan perubahan subjek maupun predikat (verb).
Pengertian simple present tense

Dalam penggunaan simple present tense ada dua tipe penggunaan yang sering dipakai, yaitu penggunaan simple present bentuk nominal yang mengacu pada objek benda (noun, Adjective, Adverb) dan penggunaan simple present bentuk verbal yang mengacu pada posisi predikat (verb). Selanjutnya akan saya ulas bagian tersebut berikut dengan rumus (bentuk) penataannya.

Rumus Simple Present Tense Bentuk Nominal

Yang perlu diperhatikan dalam penggunaan simple present sebagai nominal adalah keberadaan to be dan kata setelah to be tidak boleh kata kerja (verb). Bentuk umumnya adalah sebagai berikut:

(K. Positif) S + To Be (is, are, am) + Adverb / Noun / Adjective
(K. Negatif) S + To Be (is, are, am) + Not + Adverb / Noun / Adjective
(K. Tanya ) To Be (is, are, am) + S + Adverb / Noun / Adjective ?

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah penggunaan to be yang sesuai dengan subjeknya. Aturan pakai to be dengan subjek adalah sebagai berikut:
1# Subjek He, She, It menggunakan to be "is"
2# Subjek You, They, We menggunakan to be "are"
3# Subjek I menggunakan to be "am"

Contoh simple present dalam penggunaan nominal:

Adverb (kata keterangan)
(K. Positif) Susan is poorly
(K. Negatif) Susan  not poorly
(K. Tanya) Is Susan poorly?

Noun (kata benda)
(K. Positif) Rudi and Santi are a teacher
(K. Negatif) Rudi and Santi are not a teacher
(K. Tanya) Are Rudi and Santi a teacher?

Adjective (kata sifat)
(K. Positif) I am afraid
(K. Negatif) I am not afraid
(K. Tanya) Am I afraid?

Rumus Simple Present Tense Bentuk Verbal

Setelah mempelajari penggunaan simple present tense dalam bentuk nominal, sekarang kita pelajari dalam bentuk keduanya, yaitu verbal. Hal pertama yang perlu diketahui dalam penggunaan simple present bantuk verbal adalah kata yang digunakan hanya ada satu, yaitu kata kerja (verb). Kata kerja yang digunakan dalam bentuk simple present tidak mengalami perubahan kata berdasarkan waktu, tetapi ada penambahan dalam subjek tertentu.

Bentuk umum simple present tense verbal adalah sebagai berikut:

(K. Positif) S + V1 s/es + O
(K. Negatif) S + does/do + Not + V1 + o
(K. Tanya) Does/do + S + V1 ?

Pada rumus simple present tense bentuk verbal tersebut ada penambahan "s/es" pada verb 1. Penambahan ini hanya berlaku untuk subjek tertentu, yaitu He, She It. Penggunaan "Does" hanya untuk subjek He, She, It dan penggunaan "Do" untuk subjek I, We, They, You.

Contoh kalimat simple present tense bentuk verbal:

(K. Positif) He goes to Bali
(K. Negatif) He does not go to Bali
(K. Tanya) Does He go to Bali ?

(K. Positif) She brings a bag
(K. Negatif) She does not bring a bag
(K. Tanya) Does she bring a bag ?

(K. Positif) They read a newspaper
(K. Negatif) They do not read a newspaper
(K. Tanya) Do they read a newspaper ?

Pada bagian contoh pertama adalah kata kerja yang mendapatkan imbuhan "es" pada subjek He. Sedangkan pada contoh bagian kedua adalah kata kerja yang mendapatkan imbuhan "s" pada subjek She. Untuk contoh bagian ketiga adalah contoh dengan penggunaan imbuhan "Do" pada subjek They.

Demikianlah penjalasan saya mengenai Belajar Mudah Bahasa Inggris : Simple Present Tense yang mengulas lepas teori present tense. Semoga dapat membantu Anda memahami materi simple present tense yang sedang Anda pelajari.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon