Pengertian Teknologi Informasi Dari Sudut Pandang Dasar dan Lanjut

Pengertian Teknologi Informasi Dari Sudut Pandang Dasar dan Global ~ Pada kesempatan kali ini akan saya ulas mengenai pengertian teknologi informasi. Pembahasan saya kali ini mengangkat satu tema teknologi informasi dan dua topik pada sudut pandang dasar dan sudut pandang lanjut. Sudut pandang ini menurut analisis saya pribadi mengenai pengertian teknologi informasi yang mengalami banyak sekali perbedaan di antara masing-masing yang menyatakan. Dalam ulasan ini bukan maksud saya membuat pernyataan sendiri, tetapi hanya berusahan memperjelas inti dari sebuah pengertian teknologi informasi. Pengertian teknologi informasi yang akan saya angkat dalam ulasa ini adalah pengertian teknologi informasi menurut ahli yang bernama Martin.

Secara umum, teknologi informasi memiliki pengertian yang kompleks dan menyangkut semua jenis peralatan modern yang digunakan oleh manusia. Tetapi dalam dunia komputer, teknologi informasi memiliki pengertian lain. menurut arti bahasanya, teknologi informasi dipisahkan menjadi dua pengertian kata yang berbeda tetapi memiliki kesinambungan. Menurut arti bahasa, teknologi adalah pengembangan dan aplikasi dari alat, mesin, material, dan proses yang menolog manusia menyelesaikan masalahnya. Sedangkan informasi menurut arti katanya adalah hasil pemprosesan, manipulasi dan pengorganisasian/penataan dari sekelompok data yang mempunyai nilai pengetahuan bagi penggunanya. Dari pengertian masing-masing arti kata tersebut dapat disimpulkan bahwa teknologi adalah alatnya dan informasi adalah proses sekaligus hasilnya.
Pengertian Teknologi Informasi Dari Sudut Pandang Dasar dan Lanjut

Kembali ke inti pembahasan mengenai pengertian teknologi informasi dari sudut pandang dasar dan lanjut. Sebelumnya kita lihat dulu pengertian teknologi informasi menurut ahli bernama Martin.

"Teknologi informasi tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang dugunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan juga mencakup teknologi komunikasi untuk mengirimkan informasi"

Dari pengertian tersebut dapat kita jabarkan menjadi dua bagian utama yaitu teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) dan teknologi komunikasi. Dan disinilah nanti inti pembahasan dalam artikel saya ini.

Sekarang saya mulai masuk ke pengertian teknologi informasi dari sudut pandang dasar. Sudut pandang dasar yang saya maksudkan adalah sudut pandang baku yang pada awalnya mewakili pengertian teknologi informasi bagi manusia. Menurut analisis saya, pendapat Martin dalam pengertian tersebut memuat pengertian dari sudut pandang dasar. Hal tersebut dapat dilihat dari pendapat yang berbunyi "...tidak hanya terbatas pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak...". Dari pernyataan tersebut menyebutkan sebuah pengertian dasar dari dulu pertama kali teknologi informasi dikenal oleh manusia. Teknologi informasi menggunakan peralatan komputer sebagai alat pengolahannya. Ini adalah sebuah pengertian teknologi informasi yang klasik dan menurut saya ini menggunakan sudut pandang dasar. Tetapi dalam pernyataann selanjutnya, Martin mengatakan "...juga mencakup teknologi komunikasi...". Hal ini tentu sudah membuat sebuah perbedaan yang jelas dengan pengertian klasik tersebut. Dalam pernyataan yang kedua tersebut saya anggap sebagai pengertian dengan sudut pandang lanjut yang menyinggung masalah penyampaian informasi setelah informasi tersebut selesai diproses. Jadi dapat dilihat disini, teknologi komunikasi dapat berupa sebuah teknologi lain yang terintegrasi dengan teknologi komputer, contohnya adalah teknologi jaringan yang terintegrasi dengan teknologi komputer sebagai teknologi jaringan komputer. Teknologi iniliah yang menjadi media perantara informasi dapat dibagikan.

Dari uraian tersebut tentunya dapat disimpulkan bahwa teknologi informasi adalah teknologi yang mencakup teknologi pengolahan (teknologi komputer) dan teknologi transmisi informasi (teknologi komunikasi). Pemprosesan data yang menjadi sumber utama bahan baku informasi menggunakan teknologi komputer dan penyampaian hasil olahan (informasi) ke pengguna lainnya (banyak pengguna) menggunakan teknologi komunikasi.

Pengertian teknologi informasi yang saat ini lebih dikenal dengan nama Teknologi Informasi dan Komunikasi yang telah mencakup pemprosesan dan transmisi danri informasi itu sendiri. Tetapi juga dapat dilihat dari berbagai sumber menyebutkan pengertian teknlogi informasi yang berbeda-beda, tetapi inti dari semua pengertian tersebut adalah sama. Jadi kita harus bijak dalam menyikapi berbagai perbedaan pengertian tersebut.

Dan akhirnya demikiannya sedikit ulasan saya mengenai pengertian teknologi informasi dari sudut pandang dasar dan lanjut menurut analisis saya. Semoga dapat menambah pengetahuan pembaca yang bijaksana semua.

3 komentar:

  1. Saya tertarik dengan artikel yang ada di website anda mengenai " Pengertian Teknologi Informasi Dari Sudut Pandang Dasar dan Lanjut " . Saya juga mempunyai E-book mengenai Komunikasi di E-book Komunikasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih untuk responnya. Semoga apa yang saya tulis ini bisa bermanfaat. E-book Anda sangat bagus. Kalo berkenan nanti bisa saya masukkan ke dalam artikel blog ini mengenai ilmu komunikasi.

      Hapus
  2. Iya mabk, terimakasih telah berkomentar,
    Mohon untuk menggunakan link non-aktif ya mbak, soalnya ini nanti akan hilang link aktifnya.

    BalasHapus

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon