Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum

Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum ~ Segitiga merupakan salah satu bentuk dari bangun datar yang umum dijumpai oleh siswa maupun guru sebagai bahan ajar. Memang penggunaan prinsip segitiga banyak digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dalam kasus perhitungan untuk mencari luas dan keliling segitiga ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satu yang sangat penting adalah tipe dari segitiga tersebut. Hal ini dikarenakan segitiga memiliki banyak tipe yang digolongkan berdasarkan panjang sisi dan pembentukan sudutnya. Sebelum mempelajari materi tentang menghitung luas segitiga dan menghitung keliling segitiga, saya ulas terlebih dahulu tentang tipe segitiga yang banyak dijumpai dalam proses belajar yang dikelompokkan berdasarkan panjang sisi dan sudutnya.

Rumus Luas Segitiga dan Rumus Keliling Segitiga Secara Umum

1# Segitiga Sama Kaki
Segitiga sama kaki memliki panjang sisi samping yang sama dan panjang sisi alas yang berbeda. Karena memiliki panjang sisi yang berbeda, maka sudut yang yang dibentuk juga berbeda. Sudut dari pertemuan dua sisi ini akan membantu dalam perhitungan pencarian panjang sisi. Maka besarnya sudut dalam segitiga sangat penting untuk diketahui. Karena memiliki panjang sisi yang berbeda, maka sudutnyapun akan berbeda, tetapi untuk jumlah sudut antara 3 sudut yang dihasilkan oleh segitiga adalah sama, yaitu 180 derajat. [Baca : Rumus Volume Prisma dan Luas Prisma]
Segitiga Sama Kaki

2# Segitiga Sama Sisi
Untuk segitiga sama sisi memiliki panjang sisi yang sama dari ketiga sisinya. Dengan memiliki panjang sisi yang sama maka sudut yang dihasilkan pun sama. Besar masing-masing sudut adalah 60 derajat dari pertemuan antar sisi.
Segitiga Sama Sisi

3# Segitiga Sembarang
Sedangkan segitiga sembarang memiliki ketiga sisi yang berbeda. Jadi sudut yang dihasilkan pun berbeda semua dari ketiganya.
Segitiga Sembarang

4# Segitiga Siku-Siku
Segitiga siku-siku adalah segitiga yang dibentuk dengan salah satu sudutnya 90 derajat karena berada dipertemuan 2 sisi yang tegak lurus.
Segitiga Siku-Siku

5# Segitiga Lancip
Segitiga lancip merupakan segitiga yang memiliki bentuk lancip pada salah satu sudut atau beberepa sudutnya. Sudut yang dihasilkan adalah kurang dari 90 derajat.
Segitiga Lancip

6# Segitiga Tumpul
Segitiga tumpul memiliki sudut yang lebih besar dari 90 derajat pada salah satu sudutnya.
Segitiga Tumpul

Setelah tahu tentang tipe segitiga yang banyak dijumpai tersebut, sekarang akan saya ulas mengenai rumus luas segitiga dan rumus keliling segitiga. Rumus ini berlaku umum untuk semua tipe segitiga yang ada. Jadi meskipun banyak sekali tipe segitiga yang ada, rumus yang digunakan tetap satu asalkan memenuhi beberapa hal umum berikut ini:
1# Panjang sisi alas diketahui, atau
2# Tinggi segitiga diketahui, atau
3# Sudut dari beberapa pertemua sisi diketahui
4# Panajng sisi lainnya diketahui

Rumus Luas Segitiga adalah sebagai berikut:

Luas = 1/2 Alas Segitiga x Tinggi Segitiga

Rumus Keliling Segitiga adalah sebagai berikut:

Keliling = Sisi1 + Sisi 2 + Sisi 3

Dalam kasus mencari panajng sisi yang belum diketahui dari beberapa sisi yang sudah diketahui dapat menggunakan rumus pitagoras yang akan saya ulas pada pembahasan rumus pitagoras segitiga. Jadi meskipun ada panjang sisi yang belum diketahui, asalkan sudah ada 2 sisi yang dikeetahui panjangnya, rumus pitagoras akan dapat digunakan untuk mencari panjang sisi yang lainnya. [Baca : Rumus Pitagoras Segitiga]

Demikianlah informasi mengenai rumus luas segitiga dan keliling segitiga secara umum yang diberlakukan untuk semua tipe segitiga. Semoga dapat membantu Anda dalam mempelajari materi segitiga yang ada.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon