Rumus Pitagoras Segitiga Siku-Siku dan Contoh Soal

Rumus Pitagoras Segitiga Siku-Siku dan Contoh Soal ~ Rumus pitagoras adalah sebuah rumus yang digunakan untuk mencari salah satu panjang sisi segitiga siku-siku yang belum diketahui. Jadi rumus ini akan berlaku jika ada 2 panjang sisi yang diketahui nilainya dan hanya satu sisi yang belum diketahui nilainya. Rumus pitagoras ditemukan oleh seorang ahli matematika asal Yunani yang bernama Pythagoras dan untuk mengenang nama penemunya rumus ini dinamakan dengan Rumus Pythagoras.

Pada kesempatan ini saya akan mengulas mengenai rumus pitagoras untuk segitiga siku-siku. Segitiga siku-siku memliki 1 sisi tegak, 1 sisi datar, dan 1 sisi miring. Untuk mencari panjang salah satu sisi ini dapat menggunakan rumus pitagoras segitiga siku-siku dimana syaratnya harus ada dua sisi yang nilainya diketahui, entah itu sisi tegak, sisi datar, atau sisi miring. Perhatikan gambar segitiga siku-siku di bawah ini:
rumus pitagoras segitiga siku-siku
Ada sebuah segitiga siku-siku ABC. Ada 3 sisi yang membentuknya, yaitu sisi AB, sisi BC, dan sisi CA. Rumus pythagoras yang berlaku untuk segitiga tersebut adalah sebagai berikut:

BC2 = AB2 + AC2

Jadi untuk mencari panjang BC, maka panjang AB dan panjang AC harus diketahui, supaya rumus ini dapat dikerjakan. Begitupun sebaliknya jika yang akan dicari adalah panjang AB atau panjang AC. [Baca : Rumus Luas dan Keliling Segitiga]

Dalam sebuah soal, terkadang gambar dan pertanyaannya berbeda dari yang di atas. Bentuk lain gambarnya adalah sebagai berikut:
rumus pythagorassegitiga

Meskipun menggunakan gambar yang sama, tetapi struktur rumus pitagoras tetap sama. Yang berubah adalah variable-nya, bukan rumusnya. Untuk bentuk gambar sola seperti di atas, rumus pythagoras memiliki bentuk seperti ini:

z2 = x2 + y2

Rumus di atas adalah untuk mencari panjang sisi z. Jika akan mencari panjang sisi x, rumus yang dipakai adalah sebagai berikut:

x2 = z2 - y2

Untuk mencari panjang sisi y, rumus yang dipakai adalah sebagai berikut:

y2 = z2 - x2

Dari ketiga bentuk rumus tersebut makan pencarian panjang sisi untuk segitiga siku-siku dapat dilakukan dengan mudah. Sebagai contoh, berikut ini ada sebuah soal dan pembahasannya. [Baca : Rumus Volume dan Luas Prisma]

Soal:
Diketahui segitiga siku-siku ABC dengan panjang sisi AB = 10 cm dan panjang sisi BC = 10 cm. Berapakah panjang sisi lainnya pada segitiga tersebut?
rumus pythagorassegitiga

Jawab:
Dari soal tersebut, sudah diketahui sisi datar (AB) = 6 cm dan sisi miring (BC) = 10 cm. Sisi lainnya yang dimaksud adalah sisi tegak (AC). Untuk mencari sisi AC, rumus yang dipakai adalah rumus tipe kedua, yaitu x2 = z2 - y2
Berikut ini penyelesaiaannya:
AC2 = BC2 - AB2
        = 102 - 62
        = 100 - 36
        = 64
Jadi nilai AC2 adalah 64 dan hasil dari panjang sisi AC adalah √64 yaitu sebesar 8 cm. Sampai disini hasil perhitungan untuk mencari sisi tegak (AC) sudah selesai dengan hasil panjang sisi AC adalah 8 cm.

Demikianlah ulasan mengenai rumus pitagoras segitiga siku-siku beserta dengan contoh dan jawabannya. Semoga ulasan ini dapat dipahami dan dimengerti oleh pembaca semua.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon