Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang ~ Jajar Genjang adalah salah satu dari sekian banyak bangun datar dua dimensi yang dikenal secara umum. Jajar genjang memiliki ciri-ciri yang khas, antara lain: Jajar genjang dibentuk dari dua pasang rusuk yang masing-masing sama panjang dan sejajar, Jajar genjang memiliki besar sudut yang sama antara dua sudut yang berhadapan. Jika sebuah jajar genjang disusun dari keempat rusuk yang sama panjang, namanya sudah berubah menjadi belah ketupat. Hanya saja antara jajar genjang dan belah ketupat memiliki satu kesamaan, yaitu besarnya sudut yang berhadapan pada masing-masing bangun datar adalah sama.

Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas mengenai bangun datar jajar genjang. Materi yang akan dibahasa adalah rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. Tapi sebelumnya mari kita pahami bentuk dari jajar genjang tersebut melalui gambar di bawah ini:

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang
Di samping ada sebuah bangun datar jajar genjang ABCD, dengan sudut wxyz, dengan alas a, dan dengan tinggi t. Dari gambar tersebut dapat dibuat bebereapa pernyataan dimana pernyataan ini mewakili ciri-ciri dari bangun datar jajar genjang.

1# Panjang rusuk AB sama dengan panjang rusuk CD dan panjang rusuk AD sama dengan panjang rusuk BC. Jadi panjang rusuk yang sejajar pada jajar genjang adalah sama.

2# Besar sudut w sama dengan besar sudut y dan besar sudut x sama dengan besar sudut z. Jadi besar sudut yang berhadapan pada bangun jajar genjang adalah sama besar. Saya tarik garis berwarna hijau untuk menunjukkan sudut x berhadapan dengan sudut z. Dan saya tarik garis berwarna orange untuk menunjukkan sudut w berhadapan dengan sudut y.

3# Sisi bawah disebut dengan sisi alas dan garis bantu tegak yang ditarik dari salah satu sudut tumpul disebut dengan tinggi jajar genjang. Dari sebuatan alas dan tinggi inilah rumus luas jajar genjang dapat ditemukan dan dihitung.

Setelah memahami konsep dari bangun datar jajar genjang tersebut, sekarang akan saya ulas mengenai rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. [Baca juga : Rumus Pitagoras Segitiga Siku-Siku]

Rumus Luas Jajar Genjang dan Rumus Keliling Jajar Genjang

Rumus Luas Jajar Genjang
Rumus luas dari sebuah jajar genjang dibentuk dari kondisi alas dan kondisi tinggi jajar genjang. Untuk lebih jelasnya lihat persamaan rumus luas jajar genjang berikut ini:
L = a . t
Keterangan:
a = Panjang alas jajar genjang
t = Tinggi jajar genjang
L = Luas jajar genjang

Rumus Keliling Jajar Genjang
Seperti rumus keliling bangun datar pada umumnya, yaitu menjumlahkan seluruh panjang rusuk yang membentuknya, rumus keliling jajar genjang juga serupa. Untuk lebih jelasnya perhatikan rumus di bawah ini:
Keliling = 2 (alas + sisi miring)
Jajar genjang memiliki rusuk AB, BC, CD, dan DA. Panjang rusuk AB dan CD adalah sama dan panjang rusuk BC dan DA juga sama. Dengan kata lain, rumus diatas dapat juga dijabarkan sebagai berikut:
Keliling = AB + CD + BC + DA
Hasilnya adalah sama antara rumus yang pertama dengan rumus yang kedua. [Baca juga : Rumus Luas dan Keliling Segitiga]

Demikianlah penjelasan saya mengenai rumus luas jajar genjang dan rumus keliling jajar genjang. Semoga dapat dimengerti dan memperjelas pengetahuan Anda tentang bangun datar jajar genjang.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon