Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan Materi IPS SMP Kelas IX

Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan Materi IPS SMP Kelas IX ~ Negara maju dan negara berkembang merupakan dua kelompok negara yang berbeda dalam hal keadaan kualitas penduduknya. Atas dasar kualitas penduduk inilah yang akan memisahkan status kekuatan negara satu dengan negara lainnya dari berbagai bidang. Dan bidang yang paling mencolok sebagai bentuk perbedaan antara negara maju dan negara berkembang adalah bidang ekonomi. Pada kesempatan kali ini saya bermaksud mengulas materi IPS SMP Kelas IX tentang negara maju dan negara berkembang mulai dari pengertian masing-masing, ciri-ciri dari masing-masing kelompok, dan contoh negara maju dan berkembang.

Sebagai awal pembahasan ada baiknya kita mengetahui tentang indikator negara berkembang dan negara maju. Sebagai seorang yang ingin mengamati perbedaan negara maju dan negara berkembang, kita harus mengetahui tiga kunci utama suatu negara untuk dapat dikatakan sebagai negara maju dan negara berkembang. Tiga hal tersebut adalah sebagai berikut:
  1. Kualitas bidang kesehatan,
  2. Kualitas bidang pendidikan, dan
  3. Kualitas bidang pendapatan masyarakat
Kenapa tiga hal tersebut yang menjadi tolok ukur suatu negara dikatakan negara maju dan negara berkembang? Karena ketiga hal tersebut adalah tiga kunci utama tolok ukur suatu kesejahteraan rakyat di suatu negara. Negara yang berkembang memiliki kesejahteraan rakyat yang masih kurang memadahi dan negara maju memiliki kesejahteraan rakyat yang sudah memadahi.

Pengertian Negara Berkembang

Secara umum, negara berkembang dijelaskan sebagai negara yang memiliki tingkat kesejahteraan materi yang masih rendah. Dalam PBB, Kofi Annan menyatakan negara berkembang adalah negara yang memperbolehkan seluruh warga negaranya menikmati hidup yang bebas dan sehat dalam lingkungan yang aman. (wikipedia.org)
Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan Materi IPS SMP Kelas IX

Ciri-Ciri Negara Berkembang

Negara berkembang memiliki ciri-ciri yang dapat dilihat pada beberapa bidang kehidupan masyarakat. Bidang paling menonjol adalah bidang ekonomi dan kualitas penduduk yang meliputi kualitas pendidikan dan keahlian. Negara berkembang memiliki kecenderungan kegiatan ekonomi di agraris, dimana pengaruh terhadapa perkembangan ekonomi sangatlah lambat. Berikut ini adalah ciri-ciri negara berkembang dari beberapa bidang kehidupan warganya:
  • Memiliki tingkat pendapatan per kapita (pendapatan ekonomi keluarga) yang kecil,
  • Pertumbuhan ekonomi sangat lambat,
  • Tingkat pendidikan warga yang masih rendah. Perbandingan antara warga yang melek huruf dan yang buta huruf masih tinggi yang buta huruf,
  • Tingkat produktivitas atau skill tenaga kerja lokal yang masih rendah,
  • Memiliki tingkat pertumbuhan penduduk yang tinggi,
  • Beban tanggungan warga/keluarga yang tinggi,
  • Tingkat pengangguran semu yang tinggi,
  • Mengalami ketergantungan pada produksi pertanian dan ekspor produk primer,
  • Tingkat ketergantungan akan hubungan internasional yang masih tinggi, dan 
  • Keterbatasan pada akses lingkungan fisik dan ketergantungan dengan kemampuan negara lain yang lebih maju.

Contoh Negara Berkembang

Contoh negara berkembang mayoritas berasal dari Asia, Afrika, dan Amreika Latin yang masih menerapkan sistem perekeonomian bertumpu pada sektor agraris. Contohnya adalah : Indonesia, Bangladesh, Kenya, Nogeria, Ethiopia, Guatemala, Elsalvador, dan negara lainnya di kawasan Asia, Afrika, dan Amreika Latin.

Pengertian Negara Maju

Negara maju adalah sebutan untuk negara dengan standar hidup yang relatif tinggi dalam berbagai aspek kehidupan dengan dukungan teknologi tinggi dan pemerataan ekonomi untuk semua warga. Indikator utama dari negara maju adalah tingkat kesejahteraan warga yang terjamin dipandang dari tiga hal utama tolok ukur kesejahteraan. SDM yang memiliki pendidikan memadahiu dan kemampuan untuk mengelola SDA yang dimiliki negaranya aalah modal awal suatu negara disebut sebagai negara maju.

Ciri-Ciri Negara Maju

Ciri-ciri negara maju dapat dilihat dari bebragai sektor, sama halnya ciri-ciri negara berkembang. Hanya saja kualitasnya jauh lebih baik. Berikut ii adalah ciri-ciri negara maju dilihat dari berbagai bidang:
  • Pertumbuhan ekonomi yang cepat dan pesat,
  • Kegiatan ekonomi penduduk menitik beratkan pada kegiatan ekonomi industri dan jasa,
  • Standar dan pencapaian pendidikan bagi warga yang sudah tinggi,
  • Pendapatan per kapita yang tinggi,
  • Kualitas tenaga kerja dengan produktivitas tinggi,
  • Tingkat pertumbuhan penduduk yang rendah,
  • Lapangan kerja yang memadahi sehingga tingkat pengangguran semu dapat dicegah,
  • Memiliki orientasi hasil produk sekunder dan tersier, dan
  • Mampu berkembang meskipun dalam lingkungan fisik yang terbatas dan SDA yang terbatas.

Contoh Negara Maju

Sebagai contoh negara maju dapat dilihat dari beberapa benua di dunia. Paling banyak memang berasal dari benua Eropa, yang mayoritas negara di sana disebut sebagai negara maju. Yang lainnya berada di Amerika dan ada juga yang berasal dari Asia seperti Jepang dan Singapura.

Sebenarnya tidak ada konferensi resmi yang membahas dan mengklaim sebagai lembaga resmi yang mengatur dan mengelompokkan negara maju dan negara berkembang. Sebutan ini hanya difungsikan untuk mempermudah pengelompokkan negara-negara berdasarkan kualitas beberapa sektor vital negara.

Demikianlah ulasan saya mengenai Negara Maju dan Negara Berkembang Ulasan Materi IPS SMP Kelas IX. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda semua.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon