Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika

Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika ~ Energi dalam mata pelajaran Fisika meliputi 3 (tiga) jenis energi, yaitu : Energi Kinetik, Energi Potensial, dan Energi Mekanik. Tetapi pada ulasan kali ini saya hanya akan membahas tentang energi kinetik secara umum dan sedikit mendalam. Untuk pembahasan jenis energi yang lain dapat saya ulas lain waktu. Sesuai dengan materi fisika yang dipelajari di sekolah, energi kinetik ini akan saya ulas meliputi pengertian energi kinetik dan rumus energi kinetik.

Pengertian Energi Kinetik

Energi Kinetik atau Energi Kinetis atau disebut juga Energi Gerak merupakan usaha yang dibutuhkan untuk menggerakkan sebuah benda dengan massa tertentu dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu. (wikipedia.org)
Rumus Energi Kinetik Dalam Mata Pelajaran Fisika

Dari pengertian yang saya ambil dari wikipedia.org tersebut dapat kita lihat beberapa poin penting mengenai energi kinetik. Poin-poin tersebut akan saya jabarkan satu per satu seperti di bawah ini:
  1. Poin pertama adalah keberadaan usaha untuk menggerakkan benda. Energi kinetik merupakan energi gerak. Jadi untuk menggerakkan suatu benda dibutuhkan sebuah usaha tertentu yang dikenakan pada sebuah benda yang memili massa (berat).
  2. Poin kedua adalah keberadaan perpindahan benda dengan kecepatan tertentu. Kinetik adalah pergerakan benda, jadi karena benda bergerak maka akan memiliki kecepatan.
  3. Poin ketiga adalah keberadaan 3 (tiga) bagian penting dari energi kinteik, yaitu: Usaha, Massa, dan Kecepatan.

Rumus Energi Kinetik

Ketika sudah diketahui tiga bagian utama energi kinetik tersebut, dapat dirumuskan bentuk matematis dari rumus energi kinetik. Berikut ini adalah rumus energi kinetik:
Ek = (1/2).m.v2
Keterangan:
Ek = Energi Kinetik (Joule)
m = Massa benda (Kg)
v = Kecepatan (m/s)

Rumus tersebut adalah rumus baku dari energi kinetik dalam mata pelajaran Fisika. Untuk pelengkap rumus tersebut, di bawah ini saya sertakan contoh soal sederhana untuk menghitung besar energi kinetik menggunakan rumsu energi kinetik di atas.

Contoh Soal Energi Kinetik

Sebuah balok dengan berat 50 Kg mendapatkan energi sehingga dapat bergerak dengan kecepatan 20 m/s. Berapa besar energi kinetik yang berlangsung pada balok tersebut?

Diketahui:
m = 50 Kg
v = 20 m/s

Ditanya:
Ek = ?

Jawab:
Ek = (1/2).m.v2
Ek = (1/2).50.202
Ek = (1/2).50.400
Ek = 10000 Joule

Jadi besarnya energi kinetik yang bekerja pada balok tersebut adalah 10.000 Joule.

Demikianlah sedikit penjelasan mengenai energi kinetik sesuai dengan materi mata pelajaran fisika. Semoga dapat membantu Anda memahami dan mempelajari rumus energi kinetik.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon