Rumus Logaritma Dan Contoh Soal Logaritma (Rumus Baku)

Rumus Logaritma Dan Contoh Soal Logaritma (Rumus Baku) ~ Materi Logaritma menjadi salah satu materi pokok dalam pembelajaran Matematika di SMA/MA Kelas X. Pada kesempatan kali ini saya bermaksud membahas materi logaritma yang mengandung rumus logaritma dasar dan contoh soalnya. Tetapi alangkah baiknya juga saya cantumkan mengenai pengertian logaritma supaya kita lebih mengenal dan memahami apa yang akan dipelajari kali ini.

Pengertian Logaritma

Secara baku, pengertian logaritma adalah kebalikan dari eksponen atau pemangkatan (wikipedia.org). Untuk menjelaskan mengenai pengertian tersebut, saya akan coba jelaskan menggunakan kata-kata saya yang lebih panjang. Kenapa disebut kebalikan dari eksponen atau pemangkatan? Karena pada operasi eksponen atau pemangkatan yangdiketahui nilainya adalah pangkatnya dan bilangan yang dipangkatkan dan kita diminta mencari hasil pemangkatan tersebut. Sedangkan dalam operasi logaritma, yang diketahui nilainya adalah bilangan yang dipangkatkan dan hasil pemangkatan, sedangkan nilai dari pangkat tersebut tidak diketahui dan kita diminta mencarinya. Perhatikan pada contoh perbandingan rumus pemangkatan dan logaritma berikut ini:

Pemangkatan
22 = x, dan kita diminta mencari nilai "x". Dengan kita melakukan pengalian bilangan yang dipangkatkan sampai sebanyak pangkatnya kita sudah tahu nilai "x". Pada kasus tersebut kita tahu nilai "x" adalah 4 karena 22 itu sama dengan 2 x 2 = 4.

Logaritma
2x = 5, dan kita diminta mencari nilai "x" yang merupakan nilai pangkat dari bilangan 2. Sedangkan untuk hasilnya pun sudah diketahui, yaitu 5. Maka untuk menyelesaikan soal tersebut dibutuhkan sebuah rumus yang dinamakan Logaritma. Bentuk logaritma dari soal tersebut adalah x = 2log 5.
Rumus Logaritma Dan Contoh Soal Logaritma (Rumus Baku)

Rumus Logaritma

Rumus logaritma dasar merupakan bentuk umum yang belum dikembangkan untuk menyelesaikan soal logaritma. Bentuk rumus logaritma murni ini adalah sebagai berikut:
ax = b ;menjadi alog b
Syarat: a > 0 ; b > 0 ; a ≠ 1
Keterangan:
a = Bilangan basis
b = Bilangan target logaritma (hasil pemangkatan)
x = Hasil logaritma (bilangan pangkat)

Ada sekitar 10 bentuk rumus logaritma pengembangan yang ada. Masing-masing rumus logaritma memiliki bentuk yang berbeda sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk lebih jelasnya saya akan bagikan bentuk rumus logaritma tersebut di bawah ini:

  • ª log a = 1
  • ª log 1 = 0
  • ª log aⁿ = n
  • ª log bⁿ = n • ª log b
  • ª log b • c = ª log b + ª log c
  • ª log b/c = ª log b – ª log c
  • ªˆⁿ log bm = m/n • ª log b
  • ª log b = 1 ÷ b log a
  • ª log b • b log c • c log d = ª log d
  • ª log b = c log b ÷ c log a

Contoh Soal Logaritma

Contoh soal logaritma akan saya sendirikan dalam bentuk file yang bisa di download. Contoh soal logaritma yang saya sertakan merupakan contoh soal dari masing-masing rumus logaritma di atas. Selain itu dalam dokumen contoh soal tersebut ada rumus logaritmanya juga. Silahkan di download dan dimanfaatkan sebaaimana mestinya. [Download Contoh Soal Logaritma]

Demikian pembahasan singkat mengenai Rumus Logaritma Dan Contoh Soal Logaritma (Rumus Baku) yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat membantu Anda memahami materi logaritma sekolah Anda.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon