Rumus Volume Tabung dan Rumus Luas Permukaan Tabung

Rumus Volume Tabung dan Rumus Luas Permukaan Tabung ~ Tabung adalah salah satu bangun ruuang yang paling banyak kita temukan implementasinya dalam dunia nyata, seperti : gelas, drum, kaleng, dan lain-lain. Ciri utama dari bangun ruang tabung adalah keberadaan sisi alas dan sisi atap yang berupa lingkaran sama besar dan sejajar serta sisi lengkung berbentuk persegi panjang yang mengikuti keliling lingkaran alas dan atapnya. Jika sebuah tabung dibongkar, maka akan kelihatan 3 (tiga) bangun penyusunnya, yaitu: 2 (dua) buah lingkaran dan 1 (satu) buah persegi panjang. Untuk lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar di bawah ini:

Ketika sisi lengkung itu dilepas dan direntangkan maka akan terbentuk bangun datar persegi panjang (warna kuning). Sedangkan alas dan tutup/atap ketika dibuka akan terbentuk bangun datar pula yang berbentuk lingkaran sama besar (warna merah dan biru).

Pada kesempatan kali ini, ulasan pertama kita mengenai volume tabung dan luas permukaan tabung. Setelah tahu apa itu tabung, kita akan mempelajari lebih lanjut tentang tabung ini satu persatu sesuai inti pembahasan.

Volume Tabung

Seperti yang kita ketahui, bangun ruang adalah jenis bangun yang memiliki ruangan yang ditutupi oleh beberapa bidang luar dari bangun ruang tersebut. Karena memiliki ruangan, maka bangun ruang dapat diisi oleh sesuatu, contoh paling mudah adalah diisi dengan air. Begitu juga dengan tabung yang termasuk kategori bangun ruang. Maka tabung juga memiliki ruang yang dapat diisi oleh banda lain (seperti air). Sifat tersebut disebut dengan nama volume tabung.

Rumus Volume Tabung

Volume tabung adalah ukuran isi keseluruhan bangun ruang secara horisontal dan vertikal. Ukuran volume secara horisontal dibentuk dari luas bangun datar yang menjadi alas bangun ruang tersebut. Dalam rumus volume tabung ini ukuran volume secara horisontal ditentukan oleh luas lingkaran alas. Sedangkan ukuran volume vertikal ditentukan oleh tinggi bangun yang berdiri (tegak ke atas). Dalam rumus volume tabung ini, volume tabung ditentukan oleh tinggi (lebar) persegi panjang. Sehingga rumus volume tabung dapat diartikan rumus luas alas tabung yang dikalikan dengan tinggi sisi lengkung tabung. Secara matematis rumus volume tabung dapat dituliskan seperti di bawah ini:
V = π x r2 x t
Keterangan:
V = Volume tabung
π = Konstanta Phi (22/7 atau 3,14)
r = Jari-jari lingkaran yang menjadi alas tabung
t = Tinggi tabung (tinggi sisi lengkung)

Rumus π.r2 adalah rumus lingkaran yang menjadi alas tabung. Sedangkan t adalah tinggi dari tabung tersebut. Jadi dapat dijabarkan : Volume tabung = Luas alas (lingkaran) x tinggi tabung.

Rumus luas permukaan tabung

Berbeda dengan rumus volume tabung yang menghitung isi dari bangun ruang tabung, rumus luas permukaan tabung akan menghitung luas sisi yang menutupi bangun ruang tabung. Atau dengan kata lain menghitung luas persegi panjang dan luas lingkaran yang menyusun sisi tabung tersebut. Yang pertama adalah luas lingkaran π x r2. Karena lingkaran ada dua (alas dan tutup) maka luas permukaan juga menggunakan dua luas lingkaran dan menjadi : 2 x π x r2. Luas permukaan yang lainnya adalah luas persegi panjang, yaitu : p x l. Panjang dari bangun persegi panjang sama dengan keliling lingkaran yang menjadi alas lengkungannya. Dan lebar persegi panjang sama dengan tinggi tabung. Jadi rumus p x l = 2 π r x tinggi tabung. Secara matematis rumus luas permukaan tabung dapat dituliskan sebagai berikut:
L = 2π r2 + 2π r t
Keterangan :
L = Luas permukaan tabung
π = Konstanta Phi (22/7 atau 3,14)
r = Jari-jari lingkaran alas atau atap
t = Tinggi tabung

Rumus volume tabung dan rumus permukaan tabung ini dipelajari di jenjang sekolah SMP ataupun SMA atau sederajat di Indonesia. Semoga ulasan mengenai Rumus Volume Tabung dan Rumus Luas Permukaan Tabung dapat membantu Anda semua dalam mempelajari bangun ruang tabung yang banyak dimanfaatkan dalam dunia nyata.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon