Mengenal Integral Parsial Dari Penjelasan Bentuk Dasar Dan Contoh Soal

Mengenal Integral Parsial Dari Penjelasan Bentuk Dasar Dan Contoh Soal ~ Integral menjadi salah satu menu pelajaran matematika kelas XII SMA yang sangat berbobot. Integral yang dipelajari juga sangat bervariatif, salah satunya adalah intergral parsial yang terkenal sangat rumit dalam penyelesaian soal-soalnya. Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas mengenai materi ini yang akan memuat mulai dari definisi integral parsial, rumus dasar integral parsial, dan contoh soal integral parsial. Ulasan ini akan membantu Anda dalam mempelajari materi integral parsial secara lebih mudah.

Definisi Integral Parsial

Integral parsial menjadi salah satu jenis integral yang banyak dipergunakan perhitungannya dalam dunia nyata. Integral ini memiliki ciri keberadaan elemen fungsi yang dikalikan dengan fungsi lainnya dan dua variable pembantu (biasanya U dan V). Tetapi perkalian ini semata-mata tidak bisa diselesaikan dengan model integral lainnya, seperti integral subtitusi. Integral parsial digunakan untuk menyelesaikan soal integral yang memuat perkalian fungsi yang tidak bisa diselesaikan dengan menggunakan cara subtitusi biasa. Jadi secara garis besar, integral parsial adalah cara untuk menaikkan pangkat suatu bilangan dua perkalian fungsi berbeda, sehingga fungsi bilangan tersebut dapat menaikkan pangkatnya (diintegralkan). Penurunan pangkat akan dilambangkan dengan variable "du" dan kenaikan pangkat akan dilambangkan dengan variable "dv".
Mengenal Integral Parsial Dari Penjelasan Bentuk Dasar Dan Contoh Soal

Rumus Integral Parsial

Rumus integral parsial memiliki dua elemen penting yang disebut dengan fungsi. Fungsi tersebut termuat di dalam rumus integral sebagai fungsi (u) dan fungsi (dv). Kedua fungsi tersebut memiliki arti yang sangat penting di dalam rumus integral parsial untuk dapat digunakan dalam menghitung dan menyelesaikan persoalan integral parsial. Secara matematis, rumus integral parsial dapat dituliskan sebagai berikut:

∫u.dv = u.v - ∫v.du


Sesuai dengan rumus di atas, sebuah soal akan mengandung bilangan atau fungsi yang berlaku sebagai elemen (u) dan elemen (dv). Penurunan pangkat dilakukan pada bilangan elemen (u) sehingga menjadi bilangan elemen baru (du) yang merupakan turunan dari bilangan (u). Sedangkan penaikan pangkat (diintegralkan) dilakukan pada elemen (dv) yang akan menjadi elemen baru (v) yang merupakan hasil pemangkatan elemen (dv). Dan hasilnya akan ada 4 elemen bilangan yang akan dimasukkan dalam perhitungan rumus seperti di atas, yaitu (u), (du), (dv), dan (v).

Contoh Soal Integral Parsial

Untuk contoh soal integral parsial telah saya siapkan beberapa contoh soal beserta pembahasannya dalam bentuk file yang dapat di-download melalui link di bawah ini. Semoga contoh soal integral parsial ini dapat menambah pemahaman Anda dalam mempelajari materi integral parsial.


Demikianlah pembahasan mengenai Mengenal Integral Parsial Dari Penjelasan Bentuk Dasar Dan Contoh Soal. Semoga apa yang telah diulas ini dapat menambah pengetahuan Anda mengenai integral parsial.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon