RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran

RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran ~ Kurikulum 2013 telah digunakan meskipun mengalami banyak masalah dalam pelaksanaannya. Mulai dari penguasaan tenaga pengajar yang belum optimal sampai dengan keberadaan refernsi materi yang belum siap dan sulit didapatkan. Kesulitas tersebut tentu saja berimbas pada tenaga pengajar maupun siswa. Salah satu imbas awal yang dialami oleh tenaga pengajar (guru) adalah kesulitan membangun perangkat pembelajaran berupa RPP dan Silabus berdasarkan materi kurikulum 2013. Hal ini karena kurangnya sosialisasi sebelumnya dan sulitnya para guru mendapatkan referensi materi kurikulum 2013 yang disediakan oleh pemerintah.

Untuk membantu para guru dalam menyusun RPP dan Silabus, khususnya para guru pengampu mata pelajaran jenjang SMA, berikut ini ada contoh RPP dan Silabus SMA berdasarkan Kurikulum 2013 yang diberlakukan. Bagi rekan-rekan guru SMA di seluruh Indonesia dapat menggunakan contoh RPP dan Silabus SMA Kurikulum 2013 ini sebagai acuhan untuk membangun perangkat pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswa dan sekolah tempatnya mengajar.

RPP dan Silbaus SMA berdasarkan kurikulum 2013 ini tersedia untuk contoh kelas X, XI, dan XII. Masing-masing terbagi menjadi bagian mata pelajaran wajib dan mata pelajaran peminatan. Mata pelajaran peminatan sendiri terbagi menjadi 3 bagian, yaitu : mata pelajaran peminatan matematikan dan ilmu pengeteahuan alam, mata pelajaran peminatan ilmu pengetahuan sosial, dan mata pelajaran peminatan ilmu bahasa dan budaya. Semuanya ada mata pelajaran pengikut masing-masing yang akan diberikan contoh RPP dan silabusnya.

RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran


RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran
RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran


RPP berdasarkan kurikulum 2013 memuat hal-hal penting dalam proses pembelajaran di sekolah, seperti : tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, metode pembelajaran, langkah kegiatan pembelajaran, sumber belajar, dan langkah penilaian oleh pengajar. Semua terangkum dalam RPP yang ada di atas untuk masing-masing mata pelajaran, baik mata pelajaran wajib maupun mata pelajaran peminatan.

Demikian ulasan mengenai RPP SMA Kurikulum 2013 Dan Silabus Lengkap Semua Pelajaran. Semoga apa yang ada di ulasan ini dapat bermanfaat bagi rekan-rekan guru semua dalam membangun perangkat pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan. Apa yang saya bagikan ini adalah contoh yang dapat digunakan sebagai referensi, untuk kelengkapan dimohon untuk dilakukan pengembangan pada masing-masing guru pengampu mata pelajaran yang berhubungan.

[Ikuti Topik : RPP Kurikulum 2013]

2 komentar:

  1. Bosan belajar menggunakan buku? Mau belajar berbasis teknologi? Pastinya belajar akan terasa lebih menyenangkan. Materi yang disediakan mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Bisa untuk guru dan muridnya loh.. Yuk kita akses websitenya di media belajar digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih telah berkomentar ya mas/mbak. Tapi mohon maaf, link aktif tidak ditampilkan dalam website ini. Mohon mencantumkan URL link nonaktif saja di website ini.

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon