Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Dan Contohnya

Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Dan Contohnya ~ Satu lagi klasifikasi besar tumbuhan berbunga atau berbiji adalah Tumbuhan Dikotil. Ciri-ciri tumbuhan Dikotil berkebalikan dengan ciri-ciri tumbuhan Monokotil. Tumbuhan Dikotil dapat diartikan sebagai tumbuhan berbunga yang memiliki biji berkeping dua. Tumbuhan Dikotil memiliki sepasang daun lembaga yang disebut dengan nama kotiledon. Semua tumbuhan yang memiliki spesifikasi daun lembaga ini tergolong ke dalam kelompok tumbuhan Dikotil.

Ada banyak sekali tumbuhan di sekeliling kita yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan Dikotil. Dengan menggunakan ciri-cirinya kita dapat mengenali tumbuhan di sekeliling kita yang masuk ke dalam kelompok tumbuhan Dikotil. Apa saja yang menjadi ciri-ciri tumbuhan Dikotil itu? Mari kita lihat satu per satu di bawah ini:

Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil

  • Ciri yang pertama adalah memiliki akar tunggang, dengan spesifikasi akar primer lebih besar yang diikuti dengan akar sekunder yang lebih kecil.
  • Tulang daun/sumsum berbentuk menjari/menyirip.
  • Tidak adanya tudung akar pada bagian koliptrogen.
  • Memiliki dua kotiledon.
  • Terdapat unsur kambium di bagian akar.
  • Jumlah kelopak bunga kelipatan dari 4 atau 5.
  • Tidak memiliki pelindung akar dan batang lembaganya (koleoptil dan kolerhiza).
Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil Dan Contohnya
Contoh Tumbuhan Dikotil (Komposit)
Dari beberapa ciri tersebut tentu saja kita dengan mudah menemukan tipe tumbuhan yang masuk ke dalam kategori tumbuhan Dikotil. Untuk beberapa ciri memang memerlukan penelitian laboratorium lebih lanjut. Tetapi untuk ciri-ciri yang dapat diamati secara kasat mata tentu sudah dapat disimpulkan kelompok tumbuhan Dikotil ini.

Untuk menjadi bahan pembanding, berikut ini ada beberapa contoh tumbuhan Dikotil yang dapat dibedakan dengancara pengamatan kasat mata dan penelitian lebih lanjut.

Contoh Tumbuhan Dikotil

Secara garis besar, contoh tumbuhan Dikotil dapat dilihat berdasarkan kelompok besar atau yang kita kenal dengan nama suku tumbuhan. Karena dalam satu suku akan memiliki sifat dan ciri yang sama. Berikut ini adalah daftar suku tumbuhan yang tergolong ke dalam kelompok tumbuhan Dikotil.
  • Jarak-jarakan (jarak, ubi, dll)
  • Jambu-jambuan (hampir semua jenis jambu)
  • Terong-terongan (Tomat, terong, dll)
  • Polong-polongan (pete, kacang, dll)
  • Komposit (bunga matahari)

Tumbuhan Dikotil sangat sering kita jumpai sehari-hari, bahkan beberapa yang kita makan. Dengan mengetahui ciri-ciri tersebut kita dapat belajar menemukan beberapa tumbuhan yang tergolong ke dalam tumbuhan Dikotil. Semoga ulasan ini dapat membantu dalam memplajari tumbuhan Dikotil.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon