Pengertian Bilangan Prima Dan Contoh Bilangan Prima 1-100

Pengertian Bilangan Prima Dan Contoh Bilangan Prima 1-100 ~ Salah satu jenis bilangan yang banyak dipelajari dalam ilmu matematika adalah bilangan prima. Bilangan ini memiliki karaktersitik yang sangat unik. Sehingga beberapa pendapat mengungkapkan bahawa tipe bilangan yang masuk dalam kategori bilangan prima perlu dikolompokkan secara khusus. Keunikan karakteristik terletak pada sifatnya yang hanya akan menghasilkan hasil pembagian berupa bilangan bulat (utuh) ketika dibagi dengan menggunakan bilangan 1 atau bilangan itu sendiri. Di luar kedua bilangan tersebut, jika digunakan untuk membagi tidak akan menghasilkan bentuk bilangan bulat. Pada kesempatan kali ini kami akan mengulas mengenai pengertian bilangan prima dan contoh bilangan prima 1-100. Untuk adik-adik SMP/MTs materi ini biasanya dimasukkan ke dalam materi pelajaran matematika SMP/MTs.

Pengertian Bilangan Prima

Pengertian secara umum dari bilangan prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari 1 (satu) dan hanya dapat dibagi dengan bilangan 1 atau bilangan itu sendiri untuk menghasilkan bilangan bulat (utuh). Dari pengertian tersebut dapat dijelaskan bahwa bilangan prima itu terdiri dari bilangan yang dimulai dari angka 2 (dua). Tetapi tidak semua angka setelahnya menjadi anggota bilangan prima. Bilangan prima memiliki syarat hanya dapat dibagi dengan angka 1 atau angka itu sendiri. Jika ada bilangan yang dapat dibagi dengan angka selain yang disyaratkan tersebut, maka bilangant ersebut tidak termasuk ke dalam bilangan prima.

Sebagai contoh adalah angka 3 yang hanya dapat dibagi dengan angka 1 atau 3 saja untuk dapat menghasilkan bilangan bulat (utuh). Karena jika angka 3 dibagi dengan angka 2 hasilnya akan berupa bilangan pecaha, yaitu 1,5. Jadi angka 3 termasuk ke dalam kategori bilangan prima.

Sedangkan contoh untuk bilangan non prima seperti angka 4. Angka 4 dapat dibagi dengan angka 1, 2, dan 4 untuk dapat menghasilkan bilangan bulat (utuh). Ketika angka 4 dibagi dengan angka 2 maka hasilnya adalah angka 2. Jadi dari penjelasan tersebut dapat diartikan bahwa angka 4 tidak termasuk ke dalam kategori bilangan prima.

Contoh Bilangan Prima 1-100
Contoh Bilangan Prima 1-100

Contoh Bilangan Prima 1-100

Setelah mengetahui karakteristik bilangan prima dan penjelasannya, sekarang kami akan berikan contoh bilangan prima. Contoh bilangan prima berikut ini akan lebih memperjelas karakteristik bilangan prima yang hanya dapat dibagi dengan bilangan 1 dan bilangan itu sendiri. Contoh bilangan prima yang akan kami cantumkan disini adalah bilangan prima 1-100. Dari sekian banyak bilangan dari 1-100, yang termasuk ke dalam bilangan prima 1-100 adalah sebagai berikut:

Bilangan Prima 1-100 : 1, 3, 5, 7, 11, 13, 17, 19, 23, 29, 31, 37, 41, 43, 47, 53, 59, 61, 67, 71, 73, 79, 83, 89, 97.

Untuk bilangan 1-100 selain bilangan tersebut di atas tidak termasuk ke dalam kategori bilangan prima. Dan bilangan tersebut dinamakan dengan Bilangan Komposit. Bilangan komposit merupakan kebalikan dari bilangan prima. Setidaknya bilangan prima 1-100 tersebut dapat dihafalkan.

Demikian sedikit ulasan mengenai Pengertian Bilangan Prima Dan Contoh Bilangan Prima 1-100. Semoga bermanfaat bagi adik-adik yang sedang mempelajarinya.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon