Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX ~ Mengambil tindakan penelitian pada sebuah proses pembelajaran mata pelajaran memiliki fungsi yang sangat penting. Penelitian tersebut berfungsi sebagai media penilaian yang mengenai kefektifan proses pengajaran dan penyampaian materi pelajaran yang bersangkutan. Selain itu juga untuk mengukur kualitas peserta didik dalam menguasai materi pelajaran pada kelompok tertentu. Di dalam dunia pendidikan, kegiatan ini dinamakan Penelitian Tindakan Kelas atau yang lebih kita kenal dengan nama pendeknya, yaitu PTK.

Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dilakukan oleh seorang guru ataupun seseorang/kelompok yang sedang berkecimpung di dalam dunia pengajaran. Data-data yang diperoleh dalam kegiatan PTK tersebut akan menjadi data-data yang penting untuk mengembangkan model pembelajaran atau kegiatan yang berkaitan dengan objek penelitian. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan terhadap kelompok terntentu atau dalam sekolah seperti kelas dengan mata pelajaran tertentu. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tepat proses pembelajaran dan bagaimana penerimaan peserta didik terhadapa materi pelajaran yang bersangkutan. [Baca juga : Contoh PTK SMA]

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX

PTK dilakukan melalui prosedur pembuatan proposal PTK terlebih dahulu. Proposal PTK tersebut akan digunakan pula sebagai langkah awal proses penelitian. Proposal PTK disusun oleh seorang guru atau seseorang/kelompok yang akan melakukan penelitian tindakan kelas. Struktur penyusunan proposal PTK terdiri dari 5 bab. Sebagai bahan contoh untuk rekan-rekan guru dan peneliti yang akan melakukan penelitian tindakan kelas, berikut ini ada contoh proposal PTK. Contoh proposal PTK ini disusun untuk melakukan penelitian tindakan kelas pada kelompok anak SMP/MTs kelas IX. Sedangkan mata pelajaran yang akan menjadi objek penelitian adalah matea pelajaran matematika.

Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX
Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX


Contoh PTK ini memuat 5 bab yang akan membahas mengenai penelitian tindakan kelas mata pelajaran matematika kelas IX SMP/MTs. Bab pertama akan membahas mengenai pendahuluan yang terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, dan sebagainya. Bab kedua akan membahas tentang kajian pustaka yang dilakukan sebagai dasar teori penelitian yang akan dilakukan. Bab ketiga membahas tentang metode penelitian yang akan digunakan dalam penelitian. Bab keempat akan membahas tentang pembahasan penelitian dan pencantuman hasil penelitian. Bab kelima akan membahas tentang kesimpulan yang dapat diambil dari proses penelitian dan hasil penelitian, serta saran-saran yang diberikan kepada objek penelitian pasca kegiatan berlangsung.

Untuk dijadikan sebgai referensi, rekan-rekan dapat men-download diokumen cotoh proposal PTK matematika kelas IX tersebut melalui link di bawah ini:

Download Contoh Proposal Penelitian Tindakan Kelas Mata Pelajaran Matematika Kelas IX
[PDF] | [DOCX

Untuk mata pelajaran lainnya dapat menyesuaikan format penyusunan contoh PTK ini. Atau tunggu ulasan dari kami selanjutnya untuk beberapa contoh PTK dengan mata pelajaran yang berbeda. Atau Anda juga dapat mengajukan kepada kami melalui halaman Request Materi untuk segera diproses contoh PTK yang Anda butuhkan sebagai referensi.

Demikian ulasan kali ini mengenai Contoh Penelitian Tindakan Kelas Mapel Matematika SMP/MTs Kelas IX. Semoga dapat dimanfaatkan sebagai referensi menyusun PTK bagi Anda.

6 komentar:

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon