Langkah Menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan

Langkah Menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan ~ Kimia merupakan sebuah ilmu yang sering dipelajari dalam dunia pendidikan. Ilmu ini mempelajari tentang reaksi senyawa yang ada di dunia ini. Dalam sebuah percobaan kimia, sering kita jumpai munculnya senyawa baru (asing) dari percobaan. Dan demi kesuksesan hasil percobaan, tentu kita harus mengetahui inti dari senyawa baru tersebut. Dan inti dari senyawa baru tersebut ditentukan dari penentuan rumus empiris dan rumus molekul senyawa tersebut. Lalu bagaimana kita mengetahui rumus empiris dan rumus molekul dari senyawa yang tidak kita kenali tersebut? Caranya adalah melakukan perhitungan secara bertahap untuk dapat menemukan rumus empiris terlebih dahulu. Ketika rumus empiris sudah ditemukan, maka rumus molekul dapat ditentukan juga dengan mudah. Di dalam ulasan ini akan dibahas langkah-langkah menentukan rumus empiris dan rumus molekul dari data percobaan yang dilakukan. Data percobaan yang digunakan di bawah ini adalah contoh yang diambil dari ulasan id.wikihow.com.

Langkah Menentukan Rumus Empiris

Rumus Empiris adalah rumus kimia yang menyatakan perbandingan terkecil dari jumlah atom-atom penyusun suatu senyawa. Rumus empiris mutlak dimiliki oleh setiap senyawa yang terbentuk dari percobaan, baik senyawa asing atau senyawa yang telah umum ditemui dan diketahui rumusnya. Jika senyawa tersebut termasuk ke dalam senyawa asing yang belum diketahui rumus empirisnya, kita dapat menentukannya melalui langka-langkah berikut ini. Penentuan rumus empiris berikut ini menggunakan data-data percobaan sebagai bahan utamanya.
  • Memeriksa data percobaan dan menjadikannya persentase. Data yang diperlukan meliputi: massa, tekanan, volume, dan suhu.
  • Menuliskan bentuk persentase massa menjadi bentuk berat massa dalam gram. Anggaplah bentuk persentase tersebut dari 100 gram massa. Sehingga berat dapat ditentukan dalam gram massa.
  • Mengubah bentuk massa menjadi mol. Caranya adalah membagi massa molekul dengan massa atom masing-masing unsurnya.
  • Membagi molnya dengan nilai molar terkecil pada setiap unsur yang terdeteksi. Sehingga akan didapatkan perbandingan nilai mol paling sederhana.
  • Lakukan pembulatan hasil perbandingan mol yang didapatkan. Sehingga rumus empiris dapat diperoleh dari nilai-nilai angkat pembulatan ini.
Rumus Empiris Dan Rumus Molekul
Rumus Empiris Dan Rumus Molekul

Langkan Menentukan Rumus Molekul

Setelah rumus empiris didapatkan, maka rumus molekul akan dengan mudah ditentukan. Langkah untuk menentukan rumus molekul suatu senyawa adalah sebagai berikut:
  • Menghitung jumlah mol gas senyawanya.
  • Menghitung berat molekul gas yang ada.
  • Tentukan jumlah berat atom yang dimiliki.
  • Membagi nilai beraet molekul dengan berat rumus empirisnya.
  • Diperoleh rumus molekul akhir dan dapat dituliskan rumus molekulnya.
Dengan tahapan-tahapan tersebut, maka rumus empiris dan rumus molekul dapat ditentukan dengan benar dan mudah. Proses demi proses yang dilakukan dengan benar akan menghasilkan hasil rumus yang benar. Untuk lebih jelasnya mengenai tahapan-tahapan penentuan rumus empiris dan rumus molekul tersebut Anda dapat men-download dokumen selengkapnya melalui link di bawah ini:

Download Penjelasan Langkah Menentukan Rumus Empiris dan Rumus Molekul Dari Data Percobaan

Selain penjelasan lebih terperinci mengenai tahapan penentuan rumus empiris dan rumus molekul, di dalam dokumen tersebut juga disertakan salah satu contoh tambahan dan penyelesaiannya menggunakan tahapan tersebut dalam menentukan rumus empiris dan rumus molekul.

Demikian ulasan kali ini mengenai Langkah Menentukan Rumus Empiris Dan Rumus Molekul Data Percobaan. Semoga bermanfaat!

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon