Rumus Luas Segi Lima Dan Rumus Keliling Segi Lima Dilengkapi Gambar

MateriSekolah.net ~ Segi Lima adalah salah satu bangun datar yang memiliki beberapa nama. Di dalam pembahasan di Wikipedia.com, Segi Lima juga disebut dengan Pentagon. Bangun datar segi lima dalam materi matematika biasanya mengacu pada bangun datar segi lima sama sisi. Ada beberapa benda di dunia ini yang mengambil konsep bentuk segi lima atau pentagon. Salah satu yang terkenal adalah menjadi bentuk gedung pertahanan Amerika Serikat atau Pentagon AS. Selain itu ada beberapa model lainnya yang menggunakan bentuk dasar segi lima, seperti pada motif bola sepak dan bentuk dari lapangan baseball. Mungkin selain beberapa yang kami sebutkan itu masih ada banyak penggunaan dalam dunia nyata terkait bentuk  segi lima atau pentagon.
Tetapi pada kesempatan ini kami tidak untuk membahas tentang implementasi bentuk segi lima ke dalam model benda di dunia nyata. Melainkan pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai perhitungan matematika yang terdapat di dalam bangun datar segi lima. Sebagai salah satu bangun datar, segi lima atau pentagon tidak banyak memiliki rumus dasar matematika. Rumus matematika yang dimiliki adalah rumus luas segilima, rumus keliling segilima, dan satu lagi rumus untuk mencari panjang diagonal segi lima.
Rumus Luas Segi Lima Dan Rumus Keliling Segi Lima Dilengkapi Gambar
Rumus Luas Segi Lima Dan Rumus Keliling Segi Lima Dilengkapi Gambar

Rumus Luas Segi Lima Dan Rumus Keliling Segi Lima

Sebelum masuk ke pembahasan rumus luas dan keliling segi lima kita akan membahas mengenai ciri-ciri dari bangun datar ini. Ciri-ciri bangun datar segi lima atau pentagon adalah sebagai berikut:

  • Memiliki sisi sebanyak lima.
  • Panjang setiap sisi adalah sama.
  • Memiliki sudut dalam sama besar, yaitu 108o.
  • Memiliki 5 simetri putar dan 5 simetri lipat.
Setelah mengetahui ciri-ciri dari bangun segi lima atau pentagon, selanjutnya kita ulas mengenai rumus luas segi lima terlebih dahulu.

Rumus Luas Segi Lima

Rumus Luas Segi Lima
Keterangan:
A = Luas Segi Lima
a = Panjang sisi segi lima

Rumus luas segi lima tersebut untuk menghitung berapa luas bangun datar segilima dengan panjang sisi a.
Baca juga: Rumus Volume Prisma dan Rumus Luas Prisma Semua Tipe

Rumus Keliling Segi Lima

Rumus Keliling Segi Lima
Keterangan:
P = Keliling segi lima
a = Panjang sisi segi lima

Untuk menghitung keliling segi lima cukup dengan mengalikan panjang sisi dengan bilangan 5 atau menjumlahkan semua panjang sisinya yang berjumlah 5 sisi.

Rumus Mencari Diagonal Segi Lima

Rumus Mencari Diagonal Segi Lima
Keterangan:
d = Panjang diagonal segi lima
a = Panjang sisi segi lima

Terkait panjang diagonal segilima, nilainya dapat dicari dengan rumus di atas. Terdapat 4 kemungkinan diagonal dengan panjang yang sama nantinya.

Menghitung luas segi lima, keliling segi lima, dan diagonal segi lima dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus di atas. Untuk mencobanya silahkan ganti nilai sisi (a) menjadi angkat terserah, usahakan yang bulat saja untuk mempermudah perhitungan. Dan terapkan angka tersebut ke dalam rumus di atas da cobalah untuk menghitung. Akan ditemukan hasil sesuai dengan penerapan di masing-masing rumus. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon