Contoh Silabus IPA SD dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Versi 2016)

Contoh Silabus IPA SD dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Versi 2016) ~ Mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang menggunakan sains sebaga dasar materinya. Tujuan utama dari mata pelajaran yang diajarkan hmapir di semua jenjang pendidikan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman terhadap dunia ilmiah atau sains. Mata pelajaran IPA di ajarkan mulai SD dan MI, yaitu pada kelas IV, V, dan VI. Pada jenjang SD/MI Kelas I, II, dan III (kelas rendah) muatan sains diintegrasikan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, sedangkan di Kelas IV, V, dan VI (kelas tinggi) IPA menjadi mata pelajaran yang berdiri sendiri tetapi pembelajarannya menerapkan pembelajaran tematik terpadu.
Baca juga: Contoh Silabus IPS SD Dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Rev. 2016)
Meskipun model pembelajaran di SD da MI sekarang telah berbasis tematik, mata pelajaran tetap dipergunakan sebagai kombinasi materi yang akan diajarkan. Sehingga perlu dilakukan penyiapan perangkat pembelajaran untuk mata pelajaran ini. Para guru pengampu, khususnya mata pelajaran IPA di  SD dan MI hendaknya menyiapkan perangkat pembelajaran seperti RPP dan Silabus sesuai dengna kurikullum yang diberlakukan saat ini. Sekarang ini sistem pembelajaran di SD da MI telah menerapkan standar materi kurikulum 2013, dimana sistem pembelajara berbasis tematik.

Perangakat pembelajaran seperti RPP dan silabus sangat diperlukan untuk menunjang keberlangsungan proses pembelajara yang mengena. Bagi rekan-rekan guru pengampu di SD dan MI yang sedang berupaya menyusun perangkat pembelajaran, berikut ini kami ada contoh silabus IPA untuk SD dan MI berdasarkan kurikulum 2013. Contoh silabus IPA SD ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi penyusunan silabus yang sesuai dengan kebutuhan sekolah masing-masing. Contoh silabus IPA SD da Mi ini berisi bagian-bagian utama silabus, yaitu: Kompetensi Dasar (KD), Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran. Apa yang ada di dalam dokumen ini dapat diadobsi dan dikembangkan sesuai denga kapasitas dan kebutuhan sekolah di masing-masing tempat rekan-rekan guru mengajar.
Contoh Silabus IPA SD dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Versi 2016)
Contoh Silabus IPA SD dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Versi 2016)
Baca juga : Contoh Silabus Tematik Kurikulum 2013 SD dan MI
Bagian-bagian pelengkap penyusunan silabus IPA SD da MI ini juga disertakan, seperti: rasional/latar belakang, kompetensi setelah mempelajari mata pelajaran IPA, kerangka pengembangan kurikulum IPA, pembelajaran da penilaian, dan kontekstualisasi pembelajara sesuai denga kondisi lingkungan dan peserta didik. Untuk rekan-rekan guru yang ingin mendapatkan dokumen silabus IPA SD dan MI ini silahkan download disini.

Demikian ulasan singkat kali ini tentang Contoh Silabus IPA SD dan MI Berdasarkan Kurikulum 2013 (Versi 2016). Semoga bermanfaat dan selamat mengembangkan silabus IPA SD dan MI yang baru.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon