Materi Matematika Kelas 9 Bab 1 Perpangkatan Dan Bentuk Akar

Materi Matematika Kelas 9 Bab 1 Perpangkatan Dan Bentuk Akar
Materi Matematika Kelas 9 Bab 1 Perpangkatan Dan Bentuk Akar
Materisekolah.net - Perpangkatan adalah materi matematika yang memiliki banyak fungsi terkait dengan bilangan sangat besar dan bilanga sangat kecil. Karena dengan menggunakan perpangkatan kita dapat menyederhanakan penulisan bilangan sebanyak dan sekecil apapun nilai bilangan tersebut. Pada jenjang SMP dan MTs atau sederajat, materi perpangkatan sudah diajarkan di tingkat kelas 9. Materi perpangkatan masuk ke dalam proses pembelajaran di semester 1. Karena matematika adalah mata pelajaran yang masuk dalam ujian, maka sangat penting sekali mendalami materi tentang perpangkatan ini. Materi perpangkatan masuk ke dalam bab 1 materi pelajaran matematika kelas 9 semester 1. Materi ini tergabung dalam satu bab dengan materi bentuk akar.
Baca juga : Materi Seni Budaya Kelas X Semester 1 dan 2
Materi perpangkatan dan bentuk akar ini akan membahas tentang sifat-sifat pangkat, pangkat negatif, pangkat pecahan, da bentuk baku pangkat. Semua bagian tersebut akan dipelajari pada materi perpangkatan dan bentuk akar di kelas 9. Dari hasil belajar menggunakan materi tersebut, siswa diharapkan dapat melakukan beberapa hal berikut ini:
  • Mampu mengidentifikasi, mendeskripsikan, dan menjelaskan sifat bentuk pangkat yang didasarkan pada hasil pengamatan saat pembelajaran.
  • Mampu mengaitkan dan menyelesaikan permasalah nyata yang berhubungan dengan perpangkatan sesuai operasi matematika.
  • Dapat menggunakan bentuk baku perpangkatan untuk menuliskan bilangan yang sangat besar dan bilangan yang sangat kecil.

    Materi Matematika Kelas 9 Bab 1 Perpangkatan Dan Bentuk Akar

    Pada materi matematika perpangkatan dan bentuk akar untuk kelas 9 semester 1 ini ada beberapa sub bab yang akan dipelajari. Pembagian sub bab dimaksudka untuk mempermudah pengelompokan mater dan proses belajar. Dan untuk pembagian sub bab tersebut adalah sebagai berikut:
    1. Bilangan Berpangkat membahas tentang konsep bilangan berpangkat, penggunaan notasi pangkat, menyatakan perpangkatan ke dalam bentuk bilangan biasa, menuliskan perpangkatan, menghitung nilai  perpangkatan, operasi yang melibatkan perpangkatan, dan ada soal latihan tentang bilangan berpangkat.
    2. Perkalian pada Perpangkatan membahas tentang perkalian dua perpangkatan dengan dengan basis yang sama, pemangkatan suatu perpangkatan, pemangkatan suatu perkalian bilangan, permainan menulis perpangkatan, dan contoh soal dari masing-masing pembahasan materi.
    3. Pembagian pada Perpangkatan membahas tentang pembagian dua bentuk perpangkatan, membandingkan volume, dan contoh soal yang dapat dijadikan bahan evaluasi mandiri.
    4. Notasi Ilmiah (Bentuk Baku) membahas tentang penggunaan kalkulator untuk operasi perpangkatan, penulisan notasi  ilmiah dalam bentuk biasa, dan banyak soal latihan tentag notasi ilmiah dari perpangkatan ini.
    5. Pangkat Bilangan Pecahan membahas tentang pangkat bilangan pecahan, mendapatkan sisi kubus, perhitunga bentuk pangkat pecahan, dan contoh soal pangkat bilangan pecahan yang dapat digunakan untuk latihan.
    6. Di ujung pembahasan ada soal-soal uji kompetensi yang diambil dari semua materi sub bab. Jadi soal-soal ini akan memuat tentang bilangan berpangkat, perkalian pada perpangkatan, pembagian pada perpangkatan, notasi ilmiah, dan pangkat bilangan pecahan.

    Preview Materi Matematika Kelas 9 Bab 1 Perpangkatan Dan Bentuk Akar

      Baca juga : Materi Seni Budaya Kelas XII Semester 1 dan 2
      Nah untuk adik-adik kelas 9 yang membutuhkan materi Perpangkatan dan Bentuk Akar dapat di-download disini. Kami ada materi perpangkatan dan bentuk akar sesuai dengan standar kurikulum 2013. Materi ini kami ambil dari keluaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Selamat belajar dan semoga memperoleh nilai yang bagus dan penguasaan materi yang baik.

      Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

      1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
      2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
      3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
      4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
      5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

      NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

      Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
      EmoticonEmoticon