Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil Dan Contohnya

Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil Dan Contohnya ~ Tumbuhan monokotil adalah satu dari dua klasifikasi besar jenis tumbuhan berbunga/berbiji yang secara umum diajarkan di bangku sekolah. Materi tumbuhan monokotil masuk ke dalam materi Ilmu Penetahuan Alam (IPA) ke sub ilmu Biologi. Pada kesempatan kali ini akan diulas mengenai tumbuhan monokotil. Tumbuhan monokotil memuat berbagai jenis tanaman penting bagi manusia, seperti tanaman pangan, tanaman energi nabati, tanaman industri, dan lain-lain. Tumbuhan monokotil menjadi sumber penting yang sampai dengan sekarang telah dikenal sekitar 50.000 sampai 60.000 jenis tumbuhan yang memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. [Baca juga : Ciri-Ciri Tumbuhan Dikotil]

Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil

Tumbuhan monokotil memiliki ciri-ciri khusus untuk pengelompokannya. Ciri-ciri inilah yang akan membedakan antara tumbuhan monokotil dengan kelompok besar lainnya, yaitu tumbuhan dikotil. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah daftar ciri-ciri tumbuhan monokotil yang dipelajari di bangku sekolah.
  • Memiliki bentuk akar serabut.
  • Memiliki pola tulang daun (sumsum) yang melengkung atau sejajar.
  • Memiliki tudung akar/kaliptrogen/kaliptra.
  • Memiliki model biji tunggal, yaitu keping biji atau kotiledon hanya berjumlah 1 buah.
  • Tidak memiliki kambium di dalam akar dan batang.
  • Umumnya memiliki kelopak bunya berkelipatan 3 (tiga).
  • Terdapat pelindung akan dan batang lembaga yang dikenal dengan nama koleoptil dan koleorhiza.
  • Akar dan batang tidak dapat tumbuh membesar.
Mengenal Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil Dan Cotohnya
Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil Dan Cotohnya

Dari ciri-ciri tumbuhan monokotil yang disebutkan di atas, kita dapat melihat dan menentukan tumbuhan yang ada di sekitar kita yang tergolong tumbuhan monokotil. Untuk contohnya, berikut ini juga akan diberikan beberapa contoh tumbuhan yang tergolong ke dalam tumbuhan monokotil. Contoh tumbuhan monokotil yang ada di dalam ulasan ini adalah klasifikasi besar dari jenis tanaman berdasarkan sukunya. Jadi tanaman yang berada di dalam suku berikut ini dipastikan tergolong ke dalam kelompok tumbuhan monokotil.

Contoh Tumbuhan Monokotil

  • Tanaman dari suku anggrek-anggrekan. Tanaman dari suku ini lebih mendominasi kelompok tumbuhan monokotil.
  • Tanaman dari suku padi-padian (Graminae).
  • Tanaman dari suku pinang-pinangan (Palmae).
  • Tanaman suku bawang-bawangan (Alliaceae).
  • Tanaman dari suku pisang-pisangan (Musaceae).

Ciri-ciri dan contoh tumbuhan monokotil tersebut digunakan untuk membedakan antara tanaman yang masuk ke kategori tumbuhan monokotil dengan tanaman yang masuk ke dalam kategori tumbuhan dikotil yang ada di sekeliling kita. Sebenarnya dengan menggunakan ciri-ciri tersebut dapat dengan mudah menentukan kategori dari tanaman yang kita temui sehari-hari.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Ciri-Ciri Tumbuhan Monokotil Dan Contohnya. Semoga dapat menambah pengetahuan untuk kita semua.

2 komentar:

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon