Rumus Fisika SMP : Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Beraturan & Gerak Lurus Berubah Beraturan ~ Dalam ilmu fisika dikenal dua bentuk gerak lurus suatu benda. Yang pertama adalah gerak lurus beraturan (GLB) dan yang kedua adalah gerak lurus berubah beraturan (GLBB). Kedua gerak lurus ini memliki kesamaan yaitu berupa pergerakan benda yang lurus pada sebuah linier tertentu. Tetapi terdapat perbedaan antara gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan. Perbedaannya terletak pada percepatan yang dilakukan suatu benda ketika bergerak lurus. Apa itu percepatan dan apa itu gerak lurus beraturan dan gerak lurus berubah beraturan? akan menjadi topik pembahasan kali ini.

Sebuah percepatan dengan nilai tertentu akan mempengaruhi perubahan kecepatan yang dialami oleh sebuah benda yang bergerak. Sama halnya dengan benda yang bergerak lurus juga mengalami percepatan. Percepatan adalah perubahan kecepatan yang dialami suatu benda dalam kurun waktu tertentu untuk menempuh jarak tertentu. Dalam proyeksi ke gerak lurus, percepata dengan nilai > 0 dimiliki oleh gerak lurus berubah beraturan. Tetapi untuk gerak luru beraturan tidak dianggap memiliki percepatan karena percepatan yang dimiliki = 0. [Baca : Rumus Gaya dan Rumus Percepatan]

Gerak Lurus Beraturan (GLB)

Gerak lurus bereaturan adalah sebuah gerak yang dilakukan oleh sebuah benda dimana pergerakan itu memiliki kecepatan yang konstan (tetap) sepanjang jarak yang ditempuhnya. Gerak lurus beraturan memiliki percepatan sebesar 0, jadi kecepatan tidak mendapatkan pengaruh untuk dapat berubah. Sehingga perhitungan jarak tempuh suatu benda dapat dihitung dari kecepatannya dikalikan dengan waktu yang digunakan untuk menempuhnya. Dalam rumus matematis, rumus gerak lurus beraturan (GLB) dapat dituliskan seperti di bawah ini:

s = v.t

Keterangan:
s = Jarak tempuh benda yang bergerak (m)
v = Kecepatan (m/s)
t = Waktu tempuh (s)

Rumus gerak lurus beraturan tersebut menandakan pergerakan benda dari titik awal sampai titik akhir menggunakan kecepatan yang konstan (tetap). Hal ini berbeda dengan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang dialami oleh suatu benda.
Gerak Lurus Beraturan & Geras Lurus Berubah Beraturan

Gerak Lurus Berubah Beraturan (GLBB)

Gerak lurus berubah beraturan adalah pergerakan benda secara lurus yang mengalami perubahan kecepatan pada wajtu tertentu untuk mencapai jarak tempuh yang diinginkan. Perubahan kecepatan atau percepatan yang dialami oleh benda tersebut selama bergerak dapat berupa kenaikan kecepatan maupun penurunan kecepatan. Jadi kecepatan yang dimiliki benda tersebut tidak konstan, sehingga menyebabkan perbedaan kecepatan diawal, kecepatan di tengah, dan kecepatan di akhir. Secara matematis rumus gerak lurus berubah beraturan (GLBB) dapat dituliskan sebagai berikut:

s = V0.t ± ½.a.t2

Keterangan:
s = Jarak tempuh (m)
v0  = Kecepatan awal benda (m/s)
a = Percepatan (m/s2)
t = Waktu tempuh (s)

Dari penulisan rumus tersebut diketahui adanya sebuah perubahan kecepatan dalam waktu tertentu. Perubahan kecepatan atau percepatan tersebut akan mempengaruhi jarak tempuh dan atau waktu tempuh. Dengan jarak yang tetap, dengan adanya percepatan maka waktu yang digunakan untuk menempuh jarah tersebut bisa lebih cepat atau lebih lama, tergantung dari prcepatan yang dialami oleh benda. Dan jika waktu yang digunakan tetap, maka jarak yang ditempuh bisa berubah dengan terjadinya percepatan, bisa lebih pendek bisa lebih panjang, tergantung pada arah percepatan yang dialami. [Baca : Rumus Percepatan]


Kesimpulannya adalah yang membedakan antara gerak lurus beraturan dengan gerak lurus berubah beraturan adalah percepatan yang dialami oleh benda itu selama bergerak. Percepatan ini yang akan mempengaruhi waktu tempuh dan jarak tempuh yang akan dialami oleh benda.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai gerak lurus beraturan ()GLB) dan gerak lurus berubah beraturan (GLBB) yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat diterima dan dapat dipahami penjelasan saya ini.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon