Mengenali Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya

Mengenali Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya ~ Mata merupakan salah satu indera vital yang dimiliki oleh manusia dan hewan. Mata memiliki fungsi secara umum yang sangat penting, yaitu sebagai indera penglihatan. Mata manusia adalah jendela dunia yang menjadi sebuah perantara antara manusia dengan keadaan sekeliling melalui sebuah pengamatan. Mata yang kita lihat dari luar berbentuk bola dengan warna yang berbeda itu ternyata memiliki bagian-bagian dengan nama sendiri-sendiri dan fungsinya sendiri-sendiri. Jadi apa yang kita panggil dengan nama "mata" itu adalah sebuah sistem kompleks antara beberapa bagian penting dan berbeda fungsi yang bekerja bersama-sama untuk memberikan sebuah fungsi kompleks yaitu "melihat". Lalu apakah adik-adik semua tahu apa itu bagian-bagian mata dan fungsinya di masing-masing bagian? Mari dipelajari ulasan ini yang akan membahasnya.

Mata memiliki banyak sekali bagian-bagian dengan fungsi yang sangat penting untuk mendukung proses penglihatan manusia. Bagian-bagian tersebut ada yang letaknya di bagian luar bola mata dana ada juga yang letaknya di bagian dalam bola mata. Untuk lebih jelasnya, di bawah ini akan saya sebutkan beberapa bagian mata paling penting untuk menunjang kinerja mata sebagai indera penglihatan dan apa saja fungsinya.

Bagian-Bagian Mata dan Fungsi Bagian Mata

Alis Mata
Alis mata adalah bagian mata yang terletak di atas mata. Fungsi utama dari alis mata adalah untuk menghalau air atau keringat dari atas yang turun ke mata. Bulu-bulu pada alis mata akan membelokkan aliran air/keringan tersebut ke samping mata, jadi tidak akan masuk ke dalam mata.

Bulu Mata
Bulu mata memiliki peranan yang penting dan sebagai bagian pertama yang akan melindungi mata. Bulu mata akan membantu menyaring kadar cahaya yang akan diterima oleh mata agar tidak terlalu memberatkan bagian-bagian dalam mata.

Kelopak Mata
Kelopak mata adalah bagian mata yang dapat membuka dan menutup (ketika kita berkedip). Fungsi dari bagian ini adalah melindungi bagian dalam mata dan menjaga kelembaban mata.

Kornea Mata
Adalah bagian mata yang terletak di bagian luar bola mata. Kornea mata memiliki fungsi yang penting, yaitu melindungi bagian penting lainnya yang ada di dalam bola mata dan membantu memfokuskan bayangan benda yang dipandang pada retina.

Aqueous Humor
Adalah bagian yang menjadi lensa mata dan cairan kornea. Fungsinya untuk membiaskan cahaya yang masuk ke bagian dalam mata.
Mengenali Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya
Bagian-Bagian Mata Manusia


Lensa Kristalin
Lensa Kristalin adalah bagian mata yang sangat vital. Tugasnya mengatur bayangan benda supaya jatuhnya tepat di bagian retina yang paling sensitif, yaitu bintik kuning.

Iris Mata
Adalah bagian yang berperan pada kontrol cahaya yang akan masuk ke dalam mata dan sebagai penentu warna dari sebuah mata.

Pupil
Pupil adalah bagian berbentuk bulat yang terletak di tengah iris dan berfungsi sebagai pengatur jumlah cahaya yang akan masuk ke bagian dalam mata.

Otot Mata
Bagian pengikat yang bertugas sebagai penyangga lensa kristalin dan mengatur pembesaran dan pengecilan lensa mata.

Vitreus Humor
Bagian berbentuk cairan bening tembus cahaya yang mengisi rongga mata. Fungsi dari bagian ini adalah meneruskan cahaya yang diterima lensa ke retina.

Retina
Retina adalah bagian terpenting sebuah mata dapat dikatakan bisa melihat atau tidak. Retina berfungsi sebagai tempat pembentukan bayangan benda yang dipandang dan bagian yang paling sensitif terhadap keberadaan cahaya yang masuk. Di dalam retina terjadi pembetukan bayangan dari cahaya yang masuk dan bayangan tersebut diubah dalam bentuk informasi melaluio syaraf-syaraf mata yang diteruskan ke otak.

Bintik Kuning
Bagian melengkung yang terdapat pada retina dan menjadi tempat terbentuknya bayangan. Bagian ini adalah bagian paling sensisitif pada cahaya dari retina.

Syaraf Optik Mata
Bagian inilah yang akan berhubungan dengan otak. Syaraf optik akan membawa semua informasi berupa cahaya yang akan dihantarkan ke otak sebagai pengolahannya, dan otak akan menyimpulkan hjasil pengolahan tersebut sesuai dengan apa yang dipandang dan diperoleh oleh mata.

Meskipun memeiliki nama dan fungsi yang berbeda-beda, tetapi bagian-bagian mata tersebut bekerja berasama-sama untuk mengumpulkan inforamsi yang terbawa melalui cahaya yang kemudia dikirimmkan ke otak untuk diproses. Fungsinya tersebut adalah saling mendukung satu sama lainnya untuk memberikan sebuah penglihatan yang sesuai dengan keadaanya nyata. Sungguh sebuah proses sistem yang sangat kompleks dan berada di salah satu organ manusia ini.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai Mengenali Bagian-Bagian Mata Dan Fungsinya. Semoga ulasan ini dapat membantu kita untuk memahami bagian mata dan fungsinya sebagai indera penglihatan.

2 komentar:

  1. makasih yaa akhirnya bisa ngerjain pr deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah... Sama-sama... Terimakasih telah berkunjung ya.. Semoga bermanfaat artikelnya.... :)

      Hapus

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon