Bagian Dan Contoh Surat Permohonan Berdasarkan Tatanan Baku

Bagian Dan Contoh Surat Permohonan Berdasarkan Tatanan Baku ~ Surat permohonan masuk ke dalam materi penting kategori "Menulis" dalam pelajaran Bahasa Indonesia kelas XII. Menurut penggunaannya, surat permohonan sangat banyak turunan menurut penggunaanya. Jenis surat ini banyak dipakai oleh perorangan, lembaga, bahkan negara. Dan untuk penulisannya, surat ini ada standar baku yang harus diikuti. Standar baku tersebut memuat syarat-syarat sebuah surat dapat dikatakan sebagai surat permohonan.

Standar baku tersebut menurut Bahasa Indonesia telah diatur dan diajarkan kepada siswa-siswi sekolah dalam materi mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tentu saja pemuatan materi ini dimaksudkan agar siswa-siswi akan mampu membuat surat permohonan suatu saat nanti dengan baik dan benar.

Adapun standar baku sebuah surat permohonan dapat dilihat ketika kita membaca contoh surat permohonan. Analisis ini dibutuhkan untuk melihat hal pokok dan penting dari struktur surat permohonan. Berikut adalah hasil analisis dari struktur Surat Permohonan berdasarkan tatanan baku.

Surat permohonan harus mengandung identitas pemohon dan identitas yang dimohon.
Identitas pemohon dan identitas yang dimohon sangat penting. Identitas pemohon dapat berupa kop surat yang menandakan lembaga dan penandatangan yang menandakan siapa pihak yang bertanggungjawab dengan surat permohonan tersebut. Sedangkan identitas yang dimohon harus ada karena akan menyangkut pihak mana yang dituju oleh surat tersebut. Identitas yang dimohon dapat berupa bagian "Kepada Yth." atau disebutkan dalam isi surat permohonan tersebut.

Surat permohonan harus memuat isi permohonan yang jelas.
Isi permohonan harus jelas dan sesuai dengan judul yang tercantum dalam perihal. Tanpa adanya isi permohonan yang jelas, surat belum bisa dikatakan sebagai surat permohonan.

Bagian Dan Contoh Surat Permohonan Berdasarkan Tatanan Baku

Surat permohonan harus memiliki tujuan dan alasan permohonan diajukan.
Hal ini penting sebagai bahan penjelasan bagi pihak yang dimohon sehingga dapat dijadikan sebagai behan pertimbangan.

Surat permohonan mancantumkan waktu pelaksanaan acara dan waktu maksimal memberikan balasan persetujuan.
Untuk memberikan batasan dalam hal waktu, bagian ini sangat penting untuk dimasukkan. Baik dari si pemohon maupun dari yang dimohon akan sama-sama mengetahui pelaksaan dari apa yang dimohonkan.

Surat permohonan memuat bagian yang menyatakan kesungguhan dari si pemohon,
Bagian ini biasanya digunakan untuk meningkatkan kadar harapan persetujuan dari pihak yang dimohon. Biasanya bagian ini terletak pada bagian penutup surat.

Itu adalah hasil analisis sebuah surat permohonan yang berdasarkan standar baku. Untuk memperjelas penjelasan tersebut, berikut ini ada sebuah contoh surat permohonan yang dapat di download.

Download Contoh Surat Permohonan

Demikian ulasan mengenai Bagian Dan Contoh Surat Permohonan Berdasarkan Tatanan Baku. Semoga dapat memberikan pejelasan yang bermanfaat mengenai topik ini.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon