Memahami Pengertian Bilangan Bulat Melalui Operasi Dan Contohnya

Memahami Pengertian Bilangan Bulat Melalui Operasi Dan Contohnya ~ Materi bilangan bulat merupakan materi wajib dalam mata pelajaran matematika SMP kelas 7. Materi ini membahas tentang pengertian bilangan bulat, lambang bilangan bulat, operasi bilangan bulat, dan lain-lain. Di dalam ulasan ini akan saya berikan ulasan mengenai bilangan bulat dan tidak lupa juga saya bagikan modul materi matematika bilangan bulat yang dipelajari di sekolah.

Pengertian Bilangan Bulat

Bilangan bulat adalah jenis bilangan dalam matematika yang terdiri dari bilangan cacah (bilangan positif) dan bilangan negatifnya. Bilangan cacah memiliki ciri bilangan positif yang dimulai dari urutan angka 0 (nol). Bilangan cacah adalah 0,1,2,3,4,....dst dan bilangan negatifnya adalah -0,-1,-2,-3,-4,...dst. Sedangkan nilai -0 = 0 sehingga penulisannya dalam urutan biasanya dituliskan angka 0 (nol) saja. Bilangan-bilangna tersebut merupakan contoh bilangan bulat yang banyak digunakan dalam berbagai operasi matematika.

Memahami Pengertian Bilangan Bulat Melalui Operasi Dan Contohnya

Operasi Bilangan Bulat

Ada beberapa operasi bilangan bulat yang memiliki beberapa sifat unik sendiri-sendiri. Dalam beberapa kondisi operasi bilangan bulat, bilangan yang dihasilkan adakalanya tidak menghasilkan bilangan bulat. Berikut ini adalah beberapa operasi bilangan bulat yang sering dijumpai dalam materi sekolah mata pelajaran matematika.
  • Penjumlahan
  • Pengurangan
  • Perkalian
  • Pembagian
  • Akar kuadrat dan akar pangkat tiga
  • Operasi campuran

Untuk penjelasan dari masing-masing operasi bilangan bulat tersebut dapat dilihat pada modul pembelajaran matematika bilangan bulat yang dapat di-download melalui link di bawah ini:
Selain membahas mengenai penjelasannya, modul tersebut juga dilengkapi dengan contoh soal bilangna bulat dan pembahasannya. Setelah itu juga ada contoh soal bilangan bulat yang dapat digunakan untuk evaluasi mandiri karena tidak di lengkapi dengan jawabannya.

Demikian pembahasan kali ini mengenai Memahami Pengertian Bilangan Bulat Melalui Operasi Dan Contohnya. Semoga apa yang ada di dalam ulasan ini dapat membantu adik-adik dalam mempelajari materi bilangan bulat untuk SMP Kelas 7.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon