Ringkasan Materi Kimia Bilangan Kuantum

Ringkasan Materi Kimia Bilangan Kuantum ~ Bilangan kuantum adalah suatu nilai yang mewakili posisi suatu elektron di dalam atom yang akan menjelaskan sebuah kuantitas kekal di dalam sistem dinamis. Sistem kuantum dapat memiliki beberapa bilangan kuantum yang akan menentukan sebuah tingkat energi bentuk orbital elektron, orientasi orbital elektron, dan spin orbital elektron. Bilangan kuantum memiliki beberapa jenis yang akan menyatakan masing-masing status orbital.

Jenis-Jenis Bilangan Kuantum

Ada 4 jenis bilangan kuantum yang akan menyatakan masing-masing status orbital tersebut, yaitu:
  1. "n" yang merupakan bilangan kuantum utama akan menyatakan sebuah tingkat energi elektron.
  2. "l" yang merupakan bilangan kuantum azimut atau momentum sudut akan menyatakan bentuk orbital elektron.
  3. "m" yang merupakan bilangan kuantum magnetik yang akan menyatakan orientasi orbital elektron dalam ruang tiga dimensi.
  4. "s" yang merupakan bilangan kuantum spin yang akan menyatakan spin elektron pada atom.

Bilangan Kuantum Utama


Bilangan kuantum utama memiliki nilai bilangan positif dan tidak pernah bernilai nol. Bilangan kuantum utama akan menyatakan besarnya tingkat energi yang dimiliki oleh elektron pada atom. Semakin besar nilai bilangan kuantum akan semakin besar pula tingkat energi yang dimiliki oelektron tersebut. Letak bilangan kuantum utama ini berada di dalam masing-masing kulit atom. Untuk cara membaca bilangan kuantum utama, perhatikan gambar di bawah ini:
bilangna kuantum utama
Cara membaca tabel bilangan kuantum utama tersebut adalah sebagai berikut: Nilai n = 1 berada pada kulit atom K, Nilai n = 2 berada pada kulit atom L, dan seterusnya.

Bilangan Kuantum Azimut

Bilangan kuantum azimut menyatakan bentuk orbital elektron. Sedangkan bentuk orbital juga dipengaruhi oleh tingkat energi yang ada di masing-masing kulit atom. Jadi nilai bilangan kuantum azimut tergantung pada nilai bilangan kuantum utama. Berikut ini adalah bentuk tabel dari bilangan kuantum azimut:
bilangan kuantum azimut

Bilangan Kuantum Magnetik

Bilangan kuantum magnetik terbentuk karena adanya momentum sudut elektron. Bilangan kuantum magnetik akan menyatakan orientasi sebuah orbital elektron yang dipengaruhi oleh gaya magnet dari luar. Berikut ini adalah bentuk tabel bilangan kuantum magnetik:

bilangan kuantum magnetik

Bilangan Kuantum Spin

Bilangan kuantum spin akan menyatakan bentuk momentum sudut suatu partikel. Bilangan kuantum spin elektron dapat berlnilai positif dan dapat pula bernilai negatif. Hal ini dipengaruhi oleh suatu rotasi yang dilakukan partikel pada sumbu tertentu. Menentukan nilai positif dan nigatif dapat di;ihat menggunakan perbandingan arah jarum jam. Nilai positif diperoleh jika rotasinya berlawana dengan araj jarum jam dan nilai negatif jika rotasinya searah dengan pergerakan jarum jam.

Bilangan kuantum ini sangan penting sekali untuk membantu mendeteksi pergerakan dan energi elektron di dalam sebuah atom. Masing-masing bilangan kuantum akan memberikan pernyataan hasil yang berbeda mengenai hal yang ada di dalam elektron atom.

Demikian ulasan mengenai bilangan kuantum dalam Ringkasan Materi Kimia Bilangan Kuantum. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon