Materi Geografi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP)

Materi Geografi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP) ~ Mata pelajaran Geografi adalah salah satu mata pelajaran penting di tingkat SMA/MA. Mata pelajaran ini merupakan pecahan spesifik dari mata pelajaran IPS yang ada di jenjang sebelumnya. Mata pelajaran Geografi lebih spesifik mempelajari kehidupan masyarakat dan hubungannya dengan keadaan alam. Selain itu, pelajaran ini juga membahas mengenai pemahaman dunia dan isinya dalam konteks ilmu pengetahuan. Di dalam jenjang SMA, mata pelajaran Geografi sudah dipelajari sejak kelas 10. Materi yang diberikan pada jenjang ini dimulai dari konsep dasar Geografi sampai pada struktur alam dan penyusunnya, terutama udara. Berikut ini kami bagikan ringkasan materi Geografi kelas X kepada adik-adik untuk bahan belajar.

Materi Geografi ini dapat dipergunakan sebagai referensi dalam memperkaya ilmu Geografi selain yang didapatkan di sekolah. Materi berikut ini disusun berdasarkan konteks materi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Materi berikut ini terbagi menjadi 7 BAB yang dikelompokkan untuk pembelajaran semester 1 dan semester 2. Sebagai bahan tambahan, di akhir bagian ini akan disertakan sebuah lembar soal evaluasi materi sesuai per bab yang dipelajari. Sehingga adik-adik dapat mempergunakannya untuk mengevaluasi penguasaan materi yang telah dibahas.

Materi Goegrafi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP)

Untuk lebih lengkapnya berikut ini adalah bagian per BAB dari materi Geografi kelas X yang dapat adik-adik download. Di bawah ini kami berikan link download secara terpisah per-bab untuk mempermudah pembagian belajar menyesuaikan apa yang dipelajari di sekolah.

Semester 1:
  • Bab I : Konsep, Pendekatan, Prinsip, dan Aspek Geografi [Download]
  • Bab II : Sejerah Pembentukan Bumi dan Perkembangnnya [Download]
  • Bab III : Jagat Raya dan Tata Surya [Download]
Materi Geografi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP)
Materi Geografi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP)

Semester 2:
  • Bab IV : Perubahan Litosfer dan Pedosfer Serta Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Bumi [Download]
  • Bab V : Atmosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Bumi [Download]
  • Bab VI : Jenis-jenis Vegetasi Alam dan Ekosistem Pantai/Pesisir [Download]
  • Bab VII : Hidrosfer dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Di Bumi [Download]
Contoh Soal Geografi Kelas X:
Semuah bahan pembelajaran materi Geografi Kelas X tersebut dapat dimanfaatkan sebagai referensi sekaligus evaluasi materi. Selain soal evaluasi semester dan evaluasi akhir, masih terdapat beberapa soal di masing-masing bab-nya. Jadi soal-soal tersebut dapat dijadikan sebagai media evaluasi per bab materi ini.

Demikian ulasan kali ini mengenai Materi Geografi Kelas X Lengkap Semester 1 dan Semester 2 (KTSP). Semoga dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk menambah pembendaharaan ilmu Geografi kelas X.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon