Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta Contoh Soal

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta Contoh Soal ~ Persegi adalah salah satu bangun datar yang populer dikenalkan kepada peserta didik, terutama anak-anak SD pada masa pengenalan bangun datar. Persegi memang salah satu bangun datar yang memiliki hubungan paling banyak dalam dunia nyata. Perhitungan yang ada dalam rumus persegi digunakan untuk menentukan ukuran benda-benda kebutuhan manusia sehari-hari. Ambil contoh saja rumus persegi banyak dipakai untuk perhitungan ketika akan membuat bangunan sisi rumah, bak mandi, meja, dan lain-lain. Rumus persegi sangat membantu sekali dalam perhitungan menentukan ukuran benda-benda tersebut.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas mengenai rumus luas persegi dan rumus keliling persegi yang dulu pernah dipelajari pada jenjang Sekolah Dasar (SD). Kedua rumus tersebut akan diulas dalam sebuah contoh soal penereapan. Jadi untuk mempelajarinya akan terasa lebih mudah karena langsung ada contoh praktik soalnya.

Rumus Luas Persegi

Persegi merupakan bangun datar yang memiliki panjang semua sisinya sama. Jadi rumus luas persegi dapat ditentukan dengan mudah karena panjang sisinya sama panjang. Luas persegi dapat ditemukan dengan cara mengalikan sisi bawah dengan sisi tingginya. Atau dapat juga dikatakan rumus luas persegi dapat dicari dengan cara mengalikan sisi dengan sisi lainnya. Secara matematis, rumus luas persegi dapat dituliskan seperti di bawah ini:
L = S x S
atau
L = S2
Keterangan:
L = Luas persegi
S = Panjang sisi persegi

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibuat meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
L = S x S
L = 70 x 70
L = 4900 cm

Jadi luas balok yang berbentuk persegi tersebut adalah 4900 cm.

Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta Contoh Soal

Rumus Keliling Persegi

Persegi memiliki 4 rusuk yang membentuknya dan rusuk tersebut yang disebut dengan sisi dalam persegi. Dan untuk mencari keliling persegi tinggal menjumlahkan panjang ke-empat rusuknya tersebut. Karena setiap rusuk memiliki panjang yang sama, kelilingnya juga dapat dicari dengan cara mengalikan rusuk dengan bilangan 4. Secara matematis, rumus keliling persegi dapat dituliskan sebagai berikut:
K = 4 x S
Keterangan :
K = Keliling persegi
S = Sisi / rusuk

Contoh Soal
Ada sebuah balok kayu yang akan dibuat meja. Balok kayu tersebut berbentuk persegi dengan panjang sisinya 70 cm. Berapa luas balok kayu tersebut?
Diketahui : Balok kayu berbentuk persegi, S = 70 cm
Ditanya : L = ...?
Jawab :
K = 4 x S
K = 4 x 70
K = 280 cm

Jadi keliling balok persegi tersebut adalah 280 cm.

Mudah bukan cara menghitung luas persegi dan keliling persegi menggunakan rumus luas persegi dan rumus keliling persegi tersebut. Jika ada kesulitan, silahkan tuliskan kesulitan adik-adik di komentar ya.

Demikian pembahasan mengenai Rumus Luas Persegi dan Rumus Keliling Persegi Beserta Contoh Soal. Semoga ulasan ini dapat mempermudah adik-adik dalam mempelajari materi rumus persegi yang ada di sekolah.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon