Ringkasan Materi Kimia Teori Atom Dalton

Ringkasan Materi Kimia Teori Atom Dalton ~ Teori atom Dalton merupakan salah satu teori atom yang masuk ke materi kimia SMA kelas 10. Teori atom Dalton merupakan teori atom tertua yang menjadi landasan pengembangan beberapa teori tentang atom berikutnya. Teori atom yang dipublikasikan pada tahun 1808 ini memang memiliki banyak kelemahan jika dibandingkan dengan beberapa teori lainnya yang muncul setelah teori ini. Tetapi dari beberapa kelemahan tersebut terjadilah pengembangan yang membuka wawasan pengamat atom lainnya untuk lebih mempelajari tentang unsur atom.

Teori atom yang dikemukakan oleh John Dalton ini memiliki beberapa catatan penting yang sering kita kenal dengan nama Dalil Dalton. Dalil Dalton menerangkan poin penting dalam eksperimennya tentang atom. Poin-poin penting yang dinyatakan dalam Dalil Dalton ini terdapat beberapa poin yang disangkal dengan penelitian oleh ilmuwan setelahnya. Tetapi dari bunyi dalil inilah para ilmuwan lainnya terpacu untuk lebih meneliti apa yang ada di dalam atom.

Ringkasan Bunyi Dalil Dalton

Bunyi dalil Dalton yang saya cantumkan di bawa ini adalah ringkasan dengan bahasa sana sendiri dari penjelasan dalil Dalton yang asli. Saya hanya berusaha menyederhanakan menurut bahasa yang mudah saya pahami. Jika ada kesalahan dalam mengartikan atau membuat ringkasan, mohon untuk diberikan saran. Berikut adalah bunyi Dalil Dalton yang saya rangkum.
  • Setiap benda (materi) memiliki bagian terkecil penyusunnya yang disebut dengan atom dimana bagian tersebut tidak dapat dibagi lagi atau diuraikan lagi unsurnya.
  • Bagian atom dari unsur kimia yang sama adalah serupa dalam bentuk dan massa. Sedangkan atom dari unsur yang satu berbeda dengan unsur yang lainnya.
  • Atom memiliki sifat tidak dapat diciptakan dan tidak dapat juga dihancurkan.
  • Senyawa dapat diciptakan melalui penggabungan dari atom unsur yang berbeda satu dengan lainnya melalui rasio tertentu.
  • Penggabungan atom dari unsur yang sama dalam beberapa rasio akan dapat membentuk dua atau lebih senyawa (beberapa senyawa).
  • Atom merupakan abgian terkecil dari suatu materi yang dapat mempengaruhi reaksi kimia.
Ringkasan Materi Kimia Teori Atom Dalton

Setelah hasil eksperimen yang dituangkan dalam teori atom Dalton tersebut dipublikasikan, perkembangan peelitian tentang atom berkembang sangat pesat. Dan akhirnya melahirkan beberapa toeri atom lainnya yang didukung oleh penelitian yang lebih terperinci dengan hasil yang cukup berbeda dengan apa yang dikatakan John Dalton sebelumnya. Hal tersebut memunculkan adanya pernyataan yang menggugurkan apa yang ada di dalam Dalil Dalton.

Kelemahan Teori Atom Dalton

Perkembangan penelitian tentang atom melalui beberapa eksperimen yang dilakukan oleh ilmuwan-ilmuwan kimia di dunia memunculkan adanya kelemahan yang ada dalam teori atom Dalton. Kelemahan-kelemahan tersebut dibuktikan dalam eksperimen yang hasilnya dipublikasikan secara umum. Maksud dari pengembangan ini bukanlah menghiolangkan apa yang telah dinyatakan oleh John Dalton, tetapi berusaha menyempurnakan dari apa yang telah dinyatakan oleh John Dalton. Berikut adalah beberapa kelemahan teori atom Dalton yang berhasil saya rangkum:
  • Penyataan mengani atom yang tidak dapat dibagi lagi adalah salah, karena atom masih dapat dibagi menjadi 3 unsur penyusunnya, yaitu: proton, neutron, dan elektron.
  • Dikenalnya Isotop, yaitu dimungkinkan adanya perbedaan di massa pada atom unsur yang sama.
  • Dimungkinkan ada kesamaan massa dari beberapa atom berbeda. Jadi pernyataan dari unsur yang berbeda memiliki perbedaan dari segala hal adalah salah.
  • Terdapat senyawa organik kompleks yang tidak tergabung dalam rasio sederhana, sehingga penyataan atom yang berbeda bergabung dalam rasio sederhana untuk membentuk senyawa adalah salah.
  • Keberadaan Alotrop gagal dijelaskan oleh teori atom Dalton. Alotrop adalah perbedaan sifat dari arang, berlian, dan grafit yang disusun dari atom yang sama, yaitu karbon yang sama.
Tetapi meskipun memiliki banyak sekali kelemahan yang muncul paska eksperimen lebih mendalam pada atom, teori atom Dalton memiliki beberapa keunggulan sebagai teori atom paling tua. Keunggulan teori atom Dalton yang berhasil saya rangkum adalah sebagai berikut:
  • Penjelasan secara ilmiah mengenai hukum kombinasi dapat dijelaskan secara ilmiah oleh teori ini.
  • Memberikan penjelasan  dan penegasan akan adanya perbedaan antara unsur (atom) dengan senyawa (molekul).

Model Atom Dalton

Model atom Dalton dikenal dengan model percobaan bola pejal. Hal ini dibuktikan melalui model Percobaan Lavosier seperti gambar di bawah ini:

Model Atom Dalton

Demikianlah penjelasan mengenai Teori Atom Dalton. Meskipun memiliki banyak kelemahan, tetapi teori ini sangat bermanfaat bagi kita untuk mempelajari lebih mendalam mengenai atom. Teori Atom Dalton adalah dasar dan awal manusia mengenai atom, jadi teori ini sangat berguna dan berperan aktif dalam perkembangan teori atom setelahnya.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon