Struktur Sosial Dalam Kehidupan, Materi Sosiologi SMA Kelas XI

Struktur Sosial Dalam Kehidupan, Materi Sosiologi SMA Kelas XI ~ Pembahasan struktur sosial dalam materi pelajaran Sosiologi berada di bab pertama kelas XI. Pembahasan mengenai struktur sosial memuat dua sub pembahasan, yaitu pengertian struktur sosial dan klasifikasi struktur sosial. Berikut ini adalah ringkasan materi yang berhasil kami hompun berdasarkan buku pelajaran sosiologi kelas 11. Materi sosiologi, tepatnya uyntuk pembahasan struktur sosial ini lebih menekankan pada keberagaman keadaan sosial di masyarakat. Dari keadaan sosial yang berbeda tersebut, mau tidak mau akan terbentuk hubungan di antara indivudu masyarakat. Hal tersebutlah yang sering dikenal dengan struktur sosial. Untuk lebih jelasnya, berikut ini ada beberapa pengertian struktur sosial dari berbagai sumber dan berbagai ahli dibidangnya.

Pengertian Struktur Sosial

Struktur sosial itu bersifat luas dan beragam yang telah berkembang di masyarakat. Mengingat arti dari kata penyusun struktur sendiri adalah Spectrum yang berarti "menyusun", sehingga secara arti bahasa struktur sosial dapat diartikan sebagai susunan masyarakat. Sehingga bentuk dari struktur sosial tersebut memiliki konteks yang sangat luas dan beragam. Meskipun begitu, batasan-batasan dalam mengartikan struktur sosial itu sendiri dapat ditentukan berdasarkan beberapa pengertian yang telah diutarakan oleh para ahli, diantaranya:
  • Struktur Sosial menurut Radclife-Brown : struktur sosial adalah suatu rangkaian kompleks dari selasi-relasi sosial yang berwujud dalam suatu masyarakat. Yang dimaksud relasi disini adalah relasi antara individu dan perbedaan individu dengan kelas sosial menurut peranan sosial yang mereka miliki.
  • Struktur Sosial menurut Evans-Pritchard : struktur sosial adalah relasi-relasi yang tetap dan menyatukan kelompok-kelompok sosial pada satuan yang lebih luas. Yang dimaksudkan adalah hubungan secara konsisten antar kelompok untuk membangun kelompok yang lebih besar secara sosial.
  • Struktur Sosial menurut Beattie : struktur sosial adalah bagian-bagian atau unsur-unsur dalam msyarakat itu yang tersusun secara teratur guna membentuk suatu kesatuan yang sistematik. Yang dimaksud adalah semua bagian masyarakat tersebut terhubung secara sistematis dan teratur untuk membentuk hubungan yang harmonis.
  • Struktur Sosial menurut Raymond Firth : konsep struktur sosial merupakan analytical tool atau alat analisis yang diwujudkan untuk membantu pemahaman tentang tingkah laku manusia dalam kehidupan sosial. Maksud dari pengertian ini dalah tujuan utama dari struktur sosial adalah untuk membantu manusia memahami tingkah laku dan kegiatan manusia dalam kehidupan.
Struktur Sosial Dalam Kehidupan, Materi Sosiologi SMA Kelas XI
Struktur Sosial Dalam Kehidupan, Materi Sosiologi SMA Kelas XI

Dari semua pengertian struktur sosial yang tercantum di atas, poin terpenting dalam sebuah struktur sosial adalah relasi-relasi sosial yang dilakukan oleh masyarakat sehingga mereka mampu lebih memahami perilaku dan tingkah laku mereka dalam kehidupan. Jika tidak adanya relasi-relasi yang terjadi pada setiap individu dengan individu yang lain, maka struktur sosial tidak akan pernah terwujud. Secara definitif, struktur sosial adalah suatu skema penempatan nilai-nilai sosial budaya dan organ-organ masyarakat pada posisi yang dianggap sesuai agar organisme msyarakat sebagai suatu keseluruhan dapat berfungsi dan kepentingan setiap bagian dapat berjalan dalam jangka waktu yang relatif lama. Selama organ-organ yang berada di dalam bekerja secara normal, maka konsep struktur sosial akan berjalan dengan baik sampai waktu yang lama dan tidak diketahui.

Kalisifikasi Struktur Sosial

Struktur sosial dalam dunia kehisupan dapat diklasifikasikan menjadi 5 jenis, yaitu:
  • Struktur kaku dan luwes : struktur ini terkadang sulit diubah dan terkadang juga mudah diubah.
  • Struktur formal dan informal : struktur ini bersifat formal melalui pengakuan dari pihak yang berwenang dan struktur yang bersifat diam-diam atau tanpa adanya pengakuan dari pihak yang berwenang.
  • Struktur homogen dan heterogen : struktur homogen merupakan struktur sosial yang unsur-unsurnya mempunyai pengaruh yang sama terhadap dunia luar. Sedangkan struktur heterogen adalah suatu struktur yang unsur-unsurnya mempunyai kedudukan yang berbeda-beda dan kesempatan setiap unsur pun berbeda pula, baik terhadap kelompok sendiri maupun terhadap kelompok lain (dunia luar).
  • Struktur mekanis dan statistik : struktur mekanis merupakan struktur yang menuntut persamaan posisi dari anggotanya agar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sedangkan struktur statistik merupakan struktur yang dapat berfungsi dengan baik apabila persyaratan jumlah anggotanya terpenuhi.
  • Struktur atas dan bawah : struktur atas atau suprastruktur pada umumnya diduduki oleh golongan orang yang memegang kekuasaan dalam bidang elit politik, ekonomi, dan sosial budaya. Sedangkan struktur bawah atau infrastruktur merupakan tempat bagi golongan masyarakat bawah atau mereka yang taraf kehidupannya relatif rendah.
Dari penjelasan tersebut dapat diketahui bahwa struktur sosial sendiri dapat digolongkan menjadi 5 bentuk. Bentuk dari struktur sosial tersebut dapat dilihat dari beberapa sudut pandang, salah satunya adalah keadaan ekonomi dari masyarakat, jabatan (kedudukan), kelompok tertentu, dan lain-lain. Terlepas dari itu semua, tujuan utama dari sebuah struktur sosial adalah untuk membangun kehidupan sosial yang lebih baik bagi setiap organ-organ yang ada di dalamnya.

Demikian ulasan kali ini mengenai Struktur Sosial Dalam Kehidupan, Materi Sosiologi SMA Kelas XI. Semoga dapat menambah pengetahuan bersama mengenai topik materi tersebut. Ulasan ini juga tersedia dalam bentuk file PDF, jika Anda ingin menggunakannya silahkan unduh disini [Get PDF Version!].

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon