Materi IPA Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Semester 1

IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam adalah mata pelajaran wajib yang harus diberikan kepada siswa SMP kelas 7. Menurut informasi yang kami dapat, kurikulum 2013 telah resmi diberlakukan secara nasional mulai tahun ajaran 2016/2017. Dan dengan begitu, SMP kelas 7 juga akan menggunakan materi standar kurikulum 2013. Mata pelajaran IPA yang akan diajarkan pada jenjang ini juga akan menggunakan standar materi kurikulum 2013.

Setiap sekolah tentu telah menyediakan buku-buku referensi yang yang berkaitan dengan materi IPA kurikulum 2013. Sehingga proses pembelajaran akan terfokus sesuai materi yang harus diajarkan. Dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga telah menyediakan buku-buku yang berkaitan dengan masing-masing pelajaran. Dan buku-buku tersebut tentu telah didistribusikan kepada masing-masing sekolahan untuk digunakan sebagai pedoman pengajaran.

Meskipun telah memiliki standar buku yang telah diberikan oleh masing-masing sekolahan, tidak ada salahnya jika para siswa atau orang tua siswa mencari sumber materi lainnya yang saling berkaitan dengan mata pelajaran tersebut. Sehingga penguasaan materi akan lebih bervariasi dan semakin meningkatkan pengetahuan siswa terhadap mata pelajaran berkaitan. dan Pada kesempatan kali ini, pkami akan membagikan materi pelajaran IPA kelas 7 berdasarkan kurikulum 2013 untuk semester 1. Materi ini kami ambil dari buku yang diterbitkan di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Materi IPA Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Semester 1

Siswa kelas 7 pada semester 1 akan mempelajari materi IPA berdasarkan kurikulum 2013 dalam beberapa bab. Ada 5 bab utama dari materi yang harus dipelajari, dimana setiap bab tersebut akan memuat beberapa sub bab yang menjelaskan materi secara lebih terperinci. Untuk mengetahui bab-bab utama tersebut dan juga sub bab yang menyertainya, lihatlah daftar isi berikut ini:

Bab 1 Objek IPA dan Pengamtannya

Pada bab ini akan membahas 2 sub bab yang menjadi dasar pembelajaran IPA selanjutnya. Bab ini merupakan bab pembuka yang akan mengenalkan mata pelajaran IPA kepada para siswa. Adapun sub bab yang ada di dalam bab ini adalah sebagai berikut:
  • Penyelidikan IPA
  • Pengukuran sebagai bagian dari pengamatan
Materi IPA Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Semester 1
Materi IPA Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Semester 1

Bab 2 Klasifikasi Benda

Pada bab 2 ini siswa akan mulai memasuki materi spesifik. Meskipun sudah mulai spesifik, pada bab ini siswa masih akan dikenalkan bentuk materi yang bersifat umum. Dan tema bab yang diambil adalah benda, dimana benda adalah sesuatu yang bersifat sangat umum. Di dalam bab ini termuat 3 sub bab yang lebih spesifik lagi, yaitu:
  • Apa ciri-ciri dan benda-benda di lingkungan sekitar?
  • Bagaimana mengklasifikasikan makhluk hidup?
  • Bagaimana mengklasifikasikan materi?

Bab 3 Klasifikasi Makhluk Hidup

Pada bab ini pembelajaran akan membahas materi yang lebih spesifik. Pembahasan spesifik ini diambil dari pembahasan umum dari bab 2. Ada 6 sub bab yang akan dipelajari dalam bab ini, yaitu:
  • Klasifikasi dikotom dan kunci determinasi
  • Kelompok makhluk hidup yang berukuran kecil (Mikroskopis)
  • Kelompok Monera dan Protista
  • Kelompok jamur (fungi)
  • Kelompok tumbuh-tumbuhan
  • Kelompok hewan

Bab 4 Sistem Organisasi Kehidupan

Pada bab ini siswa akan diajak mengenal megnenai unsur-unsur dari benda-benda yang sebelum,nya dipelajari. Dapat dibilang siswa akan mempelajari hal-hal yang bersifat tak kasat mata secara wajar, melainkan untuk melihatnya diperlukan peralatan khusus. Di dalam bab ini ada 4 sub bab yang akan dipelajari, yaitu:
  • Sel sebagai unit struktural dan fungsional kehidupan
  • Jaringan
  • Organ
  • Sistem organ dan organisme

Bab 5 Perubahan Benda-Benda di Sekitar Kita

Di dalam bab terakhir di semester 1 ini, siswa akan diajak untuk melakukan pengamatan dan eksperimen. Di dalam bab ini hanya ada 2 sub bab, yaitu:
  • Bagaimana benda-benda mengalami perubahan?
  • Bagaimana memisahkan campuran?

Rangkuman isi materi tersebut bedasarkan sebuah buku yang diterbitkan di bawah naungan Kemendikbud. Dan buku tersebut dibagikan secara gratis secara online dalam bentuk buku sekolah elektronik. Dimana buku tersebut dapat di-download secara gratis dalam bentuk file PDF.


Demikian ulasan kali ini mengenai Materi IPA Kelas 7 Berdasarkan Kurikulum 2013 Untuk Semester 1. Semoga bermanfaat bagi adik-adik semua.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon