Perbandingan Bertingkat Ulasan Materi Matematika SMP Kelas 9

Materisekolah.net - Materi perbandingan bertingkat dalam matematika dipelajari di kelas 9 SMP dan sederajat. Pembelajaran materi perbandingan bertingkat ini dimasukkan pada bab 2 semester 1. Pada bab perbandingan bertingkat ini siswa akan mempelajari logika perbandinga dengan komponen data lebih dari satu. Ketika membandingkan 2 buah benda atau keadaan kita tidak akan mengalami kesulitan, karena jika ada 2 komponen pasti hasilnya yang satu akan berstatus lebih dibandingkan dengan yang kedua atau sebaliknya. Dan logika itu tidak berjalan jika komponennya lebih dari satu. Untuk mengetahui atau membaca perbandingan dengan komponen lebih dari 2 maka kita memanfaatkan model perbandingan bertingkat. Sehingga sebanyak apapun komponen penyusun perbadingannya aka dapat dibaca dalam bentuk perbandingan bertingkat.

Tentunya kamu sering membandingkan dua atau lebih benda karena perbedaan yang dimiliki benda-benda tersebut. Umumnya, membandingkan benda/obyek didasarkan pada kuantitas benda tersebut. Pernahkah kamu memeriksa kandungan dari makanan ringan atau minuman ringan yang kamu konsumsi? Bagaimanakah zat-zat yang terkandung dalam makanan/minuman tersebut disajikan? Tepat sekali, kandungan yang tertera di dalam suatu kemasan makanan/minuman umumnya dalam bentuk persen (%). Kamu tentu juga sering mengamati diskon/ potongan harga ketika sedang berbelanja. Potongan harga di pusat perbelanjaan adalah juga contoh nyata dari penerapan persen. Masih ingatkah kamu cara mendapatkan persentase dari suatu kondisi? Nah itulah beberapa kondisi yang ada hubunganya dengan perbandingan bertingkat yang dapat kita temui di dunia nyata. Jadi materi pembelajaran matematika di bab 3 tentang perbandinga bertingkat ini sangat penting untuk dipelajari.

Langkah untuk Menyelesaikan Perbandingan Bertingkat

  • Langkah pertama : data pertama dijadikan permasalahan terlebih dahulu.
Langkah menyelesaikan perbandingan bertingkat
  • Langkah kedua : data berikutnya dijadikan permasalahan juga.
Langkah menyelesaikan perbandingan bertingkat
  • Langkah ketiga : tahap penyelesaian.
Langkah menyelesaikan perbandingan bertingkat

Selain menggunakan rumus di atas, adik-adik dapat menggunakan model tabel untuk menyelesaikan perbandingan bertingkat. Langkah-langkah menyelesaikan soal perbandingan bertingkat dengan tabel adalah sebagai berikut.
  • Buatlah sebuah tabel dengan 4 kolom. Kolom 1 untuk identitas yang akan dibandingkan. Kolom 2 untuk nilai perbandingan yang diketahui. Kolom 3 untuk bilangan pengali. Dan kolom 4 untuk bilanga riil dari perbandingan.
  • Cari bilangan pengali dengan cara membagi bilangan riil dengan bilangan perbandinga (pembandingan). Dalam contoh ini adalah kolom 4 dibagi denga kolom 2.
  • Kalikan bilangan pengali dengan angka perbandingan untuk mendapatkan bilangan riil.
  • Bilangan riil itulah yang menjadi jumlah sebenrnya dari berpandingan yang ada.

Contoh Soal Perbandingan Bertingkat Diselesaikan dengan Tabel

Rudi membeli 3 macam buah-buahan di pasar, yaitu: mangga, jeruk, dan salak. Perbandingan jumlah dari ketiganya adalah 3 : 5 : 9. Setelah sampai rumah dan dihitung semuanya, ternyata selisih antara salak dan jeruk ada 24 buah. Coba tentukan jumlah dari:
  1. Jumlah buah mangga.
  2. Jumlah buah jeruk.
  3. Jumlah buah salak.
  4. Jumlah ketiganya.
  5. Selisih jumlah jeruk dan mangga.
Jawaban:
  • Pertama kita buat tabel dan masukkan data yang diketahui ke dalam tabel. Sesuai soal di atas, tabel jadinya kurang lebih seperti ini.
cara menyelesaikan perbandingan bertingkat denga tabel
  • Selanjutnya kita lengkapi data perbandingan sesuai denga deskripsi soal. Kemudian kita masukkan juga bilangan pengalinya. Ingat rumus untuk mencari bilangan pengali. Tabelnya kurang lebih menjadi seperti ini.
cara menyelesaikan perbandingan bertingkat denga tabel
  • Setelah bilangan pengali ketemu, selanjutnya masukka bilangan pengali ke semua elemen perbandingan dan kalikan dengan bilangan perbandingan untuk mendapatkan bilangan riil. Tabelnya kurang lebih menjadi seperti ini.
cara menyelesaikan perbandingan bertingkat denga tabel
  • Selanjutnya tinggal  kita baca saja sesuai dengan apa yang ditanyakan.
    1. Jumlah buah mangga : 3 x 6 = 18 buah
    2. Jumlah buah jeruk : 5 x 6 = 30 buah
    3. Jumlah buah salak : 9 x 6 = 54 buah
    4. Jumlah ketiganya : 18 + 30 + 54 = 102 buah
    5. Selisih jumlah jeruk dan mangga : 2 x 6 = 12 buah

Nah, lebih mudah kan denga menggunakan tabel untuk menyelesaikan soal perbandinga bertingkat. Jika masih bingung dengan penggunaan rumus tersebut, silahkan download materi dan contoh soal perbandingan bertingkat SMP kelas 9 sesuai dengan kurikulum 2013 berikut ini: materi perbandingan bertingkat SMP Kelas 9 Kurikulum 2013.

Demikian ulasan kali ini tentang perbandingan bertingkat materi SMP kelas 9. Semoga bermanfaat dan selamat belajar. Mohon maaf jika pembahasannya hanya sedikit.
Advertisement

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon