Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta Contoh Soal

Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta Contoh Soal ~ Persegi panjang termasuk ke dalam kategori bangun datar. Persegi panjang memiliki ciri khusus, yaitu memiliki 4 rusuk yang terdiri dari rusuk panjang dan rusuk lebar. Hampir menyerupai bangun datar persegi, persegi panjang memiliki empat sisi (rusuk). Hanya saja jika pada persegi semua panjang rusuknya sama, pada persegi panjang hanya memiliki sepasang (2 rusuk) yang sama panjang. Sepasang rusuk sama panjang yang pertama biasa dipanggil dengan nama "panjang" dan sepsang rusuk sama panjang yang kedua biasa dipanggil dengan nama "lebar". Bagian panjang dan bagian lebar inilah yang akan digunakan untuk melakukan perhitungan matematis pada bangun datar persegi panjang, yaitu perhitungan luas persegi panjang dan perhitungan keliling persegi panjang.

Pada kesempatan kali ini saya ingin mengulas mengenai luas persegi panjang dan keliling persegi panjang. Ulasan ini akan membahas mengenai rumus luas dan keliling persegi panjang, serta memberikan contoh soal perhitungan matematis mengenai persegi panjang.

Rumus Luas Persegi Panjang

Rumus luas persegi panjang memanfaatkan rusuk penyusun bangun datar tersebut. Rusuk panjang dan rusuk lebar yang diketahui nilainya akan dapat digunakan untuk menentukan luas persegi panjang. Luas persegi panjang dapat dihitung dengan cara mengalikan ukuran rusuk panjang dengan ukuran rusuk lebar. Secara matematis, rumus luas persegi panjang dapat dituliskan seperti di bawah ini:
Lu = P x L
Keterangan:
Lu = Luas persegi panjang
P = Ukuran panjang persegi panjang
L = Ukuran lebar persegi panjang

Sebagai contoh penerapan rumus matematis luas persegi panjang tersebut, perhatikan contoh soal dan pembahasannya di bawah ini:

Contoh Soal
Sepetak tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 30 M dan lebar tanah tersebut 15 M. Berapakah luas tanah tersebut?
Jawab:
P = 30 M
L = 15 M
Lu = ..?

Lu = P x L
Lu = 30 x 15
Lu = 450 M

Jadi luas tanah berbentuk persegi panjang tersebut adalah 450 M.
Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta Contoh Soal

Rumus Keliling Persegi Panjang

Rumus keliling persegi panjang juga menggunakan besarnya ukuran rusuk panjang dan rusuk lebar. Karena rusuk panjang adalah sepasang dan rusuk lebar juga sepasang, maka ukuran rusuk panjang sama besar dan ukuran rusuk lebar juga sama besar. Keliling persegi panjang dapat diperoleh dengan cara menambahkan semua ukuran masing-masing rusuk persegi panjang. Secara matematis rumus keliling persegi panjang dapat dituliskan sebagai berikut:
K = P + L + P + L
Persamaan tersebut dapat disederhanakan menjadi seperti di bawah ini:
K = 2P + 2L
atau
K = 2.(P + L)
Keterangan :
K = Keliling persegi panjang
P = Ukuran panjang persegi panjang
L = Ukuran lebar persegi panjang

Untuk memperjelas rumus tersebut, berikut ini contoh soal untuk mengetahui keliling persegi panjang.

Contoh Soal
Sepetak tanah berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 30 M dan lebar tanah tersebut 15 M. Berapakah keliling tanah tersebut?
Jawab:
P = 30 M
L = 15 M
K = ..?

K = 2.(P+L)
K = 2.(30+15)
K = 2 . 45
K = 90 M

Jadi keliling tanah tersebut adalah 90 M.

Demikianlah pembahasan mengenai Rumus Luas Persegi Panjang Dan Keliling Persegi Panjang Beserta Contoh Soal. Semoga pembahasan ini dapat memberikan penjelasan megenai luas persegi panjang dan keliling persegi panjang.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon