Materi PPKn SMP Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2

Mata pelajaran PPKn atau Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan memiliki peran penting dalam dunia pendidikan. Mata pelajaran ini akan memberikan arahan dan membentuk karakter anak menjadi lebih baik dan berjiwa besar sebagai warga negara Indonesia. Materi yang dimuat sangat berbobot dalam membangun rasa kecintaan terhadap negara, pengetahuan terhadap negara, dan membangun akhlak yang baik. Jadi kebereadaan mata pelajaran ini untuk setiap jenjang pendidikan dirasakan sangat penting, apalagi dalam keadaan anak didik sekarang yang sudah mulai berkurang akan jiwa nasionalismenya.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dirancang untuk membangun dan menghasilkan siswa-siswi yang paham akan negaranya, memiliki keimanan yang tinggi, akhlak yang mulia, perilaku yang ramah dan bermartabat, jiwa nasionalisme yang kuat, dan-lain-lain. Semua yang dikandung dalam pembelajaran PPKn adalah sesuai dengan falsafah hidup bangsa Indonesia, yaitu Pancasila.

Pembahasan materi PPKn pada umumnya akan mencakup pengetahuan mengenai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945. Sesuai dengan nilai-nilai itu, materi pelajaran PPKn Kelas 7 SMP / MTs disusun dan dajarkan kepada peserta didik. Materi PPKn kelas 7 SMP / MTs yang dipergunakan saat ini disusun berdasarkan standar kurikulum berlaku, yaitu kurikulum 2013. Cukup berbeda dengan kurikulum sebelumnya dalam hal sistem pengajaran. Pada materi PPKn kelas 7 sesuai kurikulum 2013, pembelajaran lebih bersifat aktivitas. Dimana setiap siswa diharuskan aktif dalam proses pembelajaran dan tidak hanya menerima materi secara teoritis saja, melainkan mereka harus mempraktikkannya dalam bentuk aktivitas. Aktivitas tersebut dkelompokkan ke dalam beberapa tema pembelajaran kewarganegaraan. Dan dengan model pembelajaran yang seperti itu diharapkan dapat mendorong dan membangun siswa-siswi menjadi warga negara yang baik dan berjiwa nasionalisme kuat. [Baca juga : Materi IPA Kelas 7 Kurikulum 2013]
Materi PPKn SMP Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2
Materi PPKn SMP Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2

Materi PPKn SMP Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2

Di dalam materi standar kurikulum 2013, siswa diharuskan aktif dalam mencari alternatif materi terkait dari berbagai sumber. Hal tersebut sangat bermanfaat sekali bagi siswa, karena dapat memperkaya pengetahuan dari berbagai sumber yang saling terkait dan mendukung. Materi yang harus dikuasai siswa tidak harus yang telah disediakan oleh sekolah saja. Tetapi siswa berhak untuk mencari sumber lain dengan topik dan tema yang sama.

Pada kesempatan ini, kami akakn berikakn salah satu materi terkait untuk mata pelajaran PPKn kelas 7 sesuai dengan kurikulum 2013 untuk semester 1 dan 2. Materi ini resmi dikeluarkan di bawah naungan Kemendikbud. Jadi materi yang ada di dalamnya juga akan berkesinambungan dengan materi yang telah diajarkan di sekolah. Berikut ini adalah tema atau bab yang terkandung di dalam materi PPKn kelas 7 kurikulum 2013:

Semester 1

  • BAB I : Berkomitmen terhadap Pancasila sebagai Dasar Negara
  • BAB II : Menumbuhkan Kesadaran Berkonstitusi
  • BAB III : Berkomitmen terhadap Pokok Kaidah Fundamental
  • BAB IV : Kepatuhan Terhadap Norma

Semester 2

  • BAB V : Daerah Tempat Tinggalku, Negara Kesatuan Republik Indonesia Negaraku
  • BAB VI : Bertoleransi terhadap Keberagaman
  • BAB VII  :Memelihara Semangat Persatuan dan Kesatuan
KLIK DISINI, Download Materi PPKn SMP Kelas 7 Sesuai Kurikulum 2013 Semester 1 Dan 2

Untuk melengkapi materi tersebut, ada beberapa contoh soal terkait tema pada akhir setiap tema yangdipelajari. Jadi ada media evaluasi materi yang dikuasi pada setiap temanya. Selain pada akhir setiap tema, contoh soal PPKn kelas 7 juga terdapat di pembahasan akhir semester. Jadi dapat digunakan sebagai media belajar sebelum menghadapi Ujian Akhir Semester. Semoga bermanfaat !

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

NB: JIKA ADA LINK RUSAK ATAU TIDAK BISA DIAKSES, SILAHKAN INFORMASIKAN KEPADA KAMI MELALUI KOMENTAR ATAU HALAMAN KONTAK KAMI. Thanks.

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon