Belajar Mudah Bahasa Inggris : Present Perfect Tense

Belajar Present Perfect Tense ~ Tenses yang selanjutnya setelah Simple Present Tense adalah Present Perfect Tense. Present Perfect Tense menggunakan kaidah waktu sebagai ketentuannya. Kaedah waktu yang digunakan adalah kaedah waktu lampau (yang telah dilalui). Waktu yang lampau tidak harus berarti waktu yang jauh bertahun-tahun suatu kejadian terjadi, tetapi waktu lampau yang digunakan oleh present perfect tense semua waktu yang telah dilewati meskipun itu baru satu detik yang lalu. Pada kesempatan kali ini saya akan mengulas tentang present perfect tense yang meliputi : Pengertian present perfect tense, rumus present perfect tense, dan contoh kalimat present perfect tense. Sebagai bahan tambahan, akan saya sertakan juga kaedah waktu yang menandakan kalimat tersebut adalah jenis present perfect tense.

Pengertian Present Perfect Tense

Present perfect tense adalah salah satu jenis tenses yang memili bentuk kalimat dengan waktu yang berfungsi untuk menyatakan sebuah peristiwa atau aktivitas yang telah terjadi atau dikerjakan di masa lalu, akan tetapi kejadian tersebut masih berhubungan dengan keadaan saat ini yang dialami. Present perfect tense biasanya menggunakan penanda waktu (time signal) yang membedakan kalimat present perfect tense dengan bentuk kalimat yang lainnya. Time signal yang digunakan ada banyak sekali yang nanti akan saya cantumkan di bagian bawah artikel ini. Dengan memanfaatkan kata penanda waktu tersebut, kita dapat dengan mudah memahami struktur dari kalimat present perfect tense. [Baca : Pembahasan Simple Present Tense]

Rumus Present Perfect Tense

Rumus kalimat atau struktur kalimat present perfect tense berbada dengan jenis kalimat simple present. Kalimat present perfect tense menggunakan standar kata kerja bentuk ketiga (Verb 3) dari sebuah kata kerja bahasa Inggris. Jadi selain mengetahui rumus present perfect tense, Anda juga harus memahami bentuk perubahan kata kerja yang akan digunakan. Rumus present perfect tense secara umum adalah sebagai berikut:

(K. Positif) S + Has/Have + V3
(K. Negatif) S + Has/Have + Not + V3
(K. Tanya) Has/Have + S + V3?

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan "Has/Have". Penggunaan kedua kata ini mengikuti jenis subjeknya. Untuk subjek He, She, It menggunakan "Has" dan untuk subjek I, They, You, We menggunakan "Have".

Hal kedua yang perlu diketahui adalah penggunaan kalimat present perfect tense tidak hanya berlaku dengan menggunakan kata kerja saja (Verbal) tetapi juga berlaku untuk kalimat present perfect bentuk kata nominal (kata benda, kata keterangan, kata sifat). Berikut ini adalah perbedaan rumus dari kedua penggunaan present perfect tense tersebut:
Belajar Mudah Bahasa Inggris : Present Perfect Tense

Present Perfect Tense dalam Bentuk Verbal

Penggunaan present perfect tense dalam bentuk verbal memiliki strukutr kalimat yang sama seperti bentuk umumnya, yaitu sebagai berikut:

(K. Positif) S + Has/Have + V3
(K. Negatif) S + Has/Have + Not + V3
(K. Tanya) Has/Have + S + V3?

Contoh kalimat present perfect tense dalam bentuk verbal:
(K. Positif) Susi has gone to school
(K. Negatif) Susi has not gone to school
(K. Tanya) Has Susi gone to school?

Keterangan:
Susi adalah subjek orang dengan pengganti "She". Gone merupakan bentuk perubahan ke-3 dari kata kerja "Go".

Present Perfect Tense dalam Bentuk Nominal

Penggunaan present perfect tense dalam bentuk nominal memiliki strukutr kalimat yang berbeda dari bentuk umumnya, yaitu sebagai berikut:

(K. Positif) S + Has/Have + been
(K. Negatif) S + Has/Have + Not + been
(K. Tanya) Has/Have + S + been?

Hal ini dikarenakan struktur kalimat present perfect tense wajib menggunakan kata kerja bentuk ke-3. Tetapi dalam kasus penggunaan dalam bentuk nominal, kalimat tidak memiliki kata kerja, jadi diperlukan kata tambahan yang berfungsi sebagai kata kerja. Kata tersebut adalah "been" yang merupakan bentuk ke-3 dari pengganti kata kerja "be". 

Contoh kalimat present perfect tense dalam bentuk nominal:
(K. Positif) Rudi and Dina have been tired
(K. Negatif) Rudi and Dina have not been tired
(K. Tanya) Have Rudi and Dina been tired?

Keterangan:
Rudi dan Dina adalah subjek orang dengan pengganti "They" karena jamak. "Tired" merupakan kata sifat yang berarti "Lelah/Kelelahan". Jadi harus diberikan kata kerja pengganti untuk melengkapi kalimat tersebut supaya menjadi kalimat present perfect tense.

Bentuk kata Penanda (Time Signal) Present Perfect Tense:
finally, this month, many times, twice, three times, ever, never, several times, at last, this week, recently, lately, just, since ..., already, so far, once, as yet, for two hours, for three years, dll.

Dan demikianlah pembahasan mengenai present perfect tense yang dapat saya berikan. Semoga pembahasan ini dapat membantu Anda memahami pengertian present perfect tense, rumus present perfect tense, dan contoh kalimat present perfect tense.

Terimakasih telah berkunjung dan berikut ini ketentuan komentar yang diperbolehkan :

1. Berkomentar dengan bahasa yang sopan dan tidak SARA.
2. Berkomentar sesuai dengan topik artikel. Jika berbeda bisa masuk ke bagian Contact Us atau Request Materi
3. TIDAK BOLEH memasukkan LINK AKTIF. Karena akan otomatis terhapus komentarnya.
4. Jika ingin menambahkan LINK silahkan masukkan ke dalam bagian URL atau menyertakan ke dalam komentar dengan sifat TIDAK AKTIF.
5. Berkomentarlah yang membangun dan bermanfaat untuk orang lain ya :-)

Terimakasih atas kerjasamanya demi memajukan website ini,
EmoticonEmoticon